Melamun Berlebihan Pertanda Masalah Mental

Penulis: Raka Lestari Pada: Jumat, 12 Okt 2018, 18:05 WIB Humaniora
Melamun Berlebihan Pertanda Masalah Mental

Ilustrasi

MESKI  tak selalu buruk, melamun bisa menjadi pertanda masalah pada mental. Terutama jika ini cukup menyita banyak waktu Anda.

"Sama seperti kecanduan video game yang bisa berbahaya dan merugikan kesehatan mental seseorang, melamun juga dapat memberikan dampak yang sama," kata Dr Pavan Sonar, konsultan psikiater dan seksolog dari Mumbai seperti dilansir The Health Site.  

Umumnya, orang-orang melakukan kebiasaan melamun untuk mengurangi emosi, trauma, atau hal-hal negatif yang mereka hadapi. Mereka melakukan hal itu sebagai cara untuk mengatasi berbagai tantangan kehidupan.

Sayangnya, ketika mereka menemukan beberapa kenyamanan di dunia maya mereka justru kembali menderita di dunia nyata.  Ini menyebabkan kurangnya konsentrasi, penghindaran tugas-tugas mendesak yang membutuhkan perhatian (baik di rumah maupun di tempat kerja), menurunkan produktivitas, bermasalah dalam hubungan, dan masih banyak lagi.

Melamun berlebihan juga bisa menjadi tanda-tanda dari depresi.

"Jika seseorang memiliki terlalu banyak pikiran positif tetapi tidak dapat mengubahnya menjadi kenyataan, itu dapat menyebabkan depresi atau gangguan suasana hati lainnya, terutama, ketika Anda menyadari bahwa pikiran Anda tidak membawa Anda ke mana pun," pungkas Sonar. (Medcom/OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More