Jokowi: White Walkers Musuh Utama Kita

Penulis: Fathia Nurul Haq Pada: Jumat, 12 Okt 2018, 12:55 WIB Ekonomi
Jokowi: White Walkers Musuh Utama Kita

AFP

PRESIDEN Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) hari ini memperoleh sambutan meriah dari para delegasi dan tamu undangan Pertemuan Tahunan IMF-Worldbank 2018 usai memberikan pidatonya. 

Para audiens terkesan dengan analogi Jokowi mengenai perekonomian dunia yang cukup tepat mengutip serial terkenal Game of Thrones.

"Dalam serial 'Game of Thrones', sejumlah Great Houses, Great Families bertarung hebat antara satu sama lain, untuk mengambil alih kendali “the Iron Throne”. “Mother of Dragons” menggambarkan siklus kehidupan. Perebutan kekuasaan antar para “Great Houses” itu bagaikan sebuah roda besar yang berputar. Seiring perputaran roda, satu Great House tengah Berjaya, sementara House yang lain menghadapi kesulita dan setelahnya. House yang lain Berjaya, dengan menjatuhkan House yang lain," kata Jokowi Annual Meetings Plenary (Bussiness Meeting) yang merupakan puncak Pertemuan Tahunan IMF-World Bank 2018 di di Nusa Dua, Jumat (12/10).

Serial yang kini telah masuk musim ke-8 itu memang menggambarkan perpolitikan internasional yang penuh intrik untuk memperebutkan tahta di benua imajiner yang dikenal bernama Westeros. 

Padahal, di balik tembok pembatas antara benua tersebut dan kutub salju tengah berlangsung parade pasukan zombie yang sangat kuat dan berpotensi menghancurkan seluruh kehidupan bernama White Walkers.

Presiden Jokowi menamai White Walkers sebagai 'Evil Snow'.

"Tatkala para Great Houses sibuk bertarung satu sama lain, mereka tidak sadar adanya ancaman besar dari Utara. Seorang evil winter, yang ingin merusak dan menyelimuti seluruh dunia dengan es dan kehancuran," lanjut Jokowi penuh antusiasme.

Pada film yang ditayangkan chanel HBO itu digambarkan bagaimana 9 keluarga penguasa malah berebut tahta dan saling membunuh hingga melupakan ancaman sesungguhnya. Bagi Jokowi situasi itu tak ubahnya dengan apa yang saat ini tengah terjadi.

Seharusnya, lanjut Presiden Jokowi, kita fokus pada tantangan yang nyata seperti perubahan iklim, intensitas badai topan, sampah pelastik di lautan yang mengunung hingga peningkatan suhu bumi yang kini sudah mendekati 2' celcius.

"Ancaman global yang tumbuh pesat tersebut hanya bisa kita tanggulangi jika bekerja sama," sambungnya.

Sebagaimana white walkers yang hanya bisa dihadapi jika seluruh penduduk Westeros bekerja sama menghalau parade maut itu menjauhi kontinen. Jokowi mengatakan bahwa penduduk dunia harus bahu-membahu melawan sejumlah tantangan global.

"Tidak penting siapa yang duduki di 'Iron Throne', yang penting adalah kekuatan Bersama untuk mengalahkan Evil Winter agar bencana global tidak terjadi. Agar dunia tidak berubah menjadi tanah tandus yang porak poranda yang menyengsarakan kita semua," tutur Jokowi menutup ceritanya. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More