Korsel Tawarkan Akses Pembiayaan UMKM Indonesia

Penulis: Andhika Prasetyo Pada: Jumat, 12 Okt 2018, 13:15 WIB Ekonomi
Korsel Tawarkan Akses Pembiayaan UMKM Indonesia

Dok. MI

KOREA Selatan (Korsel) melalui Industrial Bank of Korea menawarkan untuk terlibat dalam akses pembiayaan bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia dengan berbagai kemudahan.

Hal tersebut diutarakan setelah Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring bertemu dan melakukan diskusi dengan CEO Industrial Bank of Korea Kim Do Jin sebagai rangkaian dari perhelatan Sidang Tahunan IMF-WB di Nusa Dua, Bali.

Untuk kepentingan itu, Industrial Bank of Korea akan membuka kantor cabang di Tanah Air dengan titik pertama di Jakarta lalu diikuti di beberapa kota besar lainnya.

Meliadi melihat Korsel cukup paham dengan kondisi UKM di Indonesia lantaran terdapat kemiripan kondisi antara kedua negara.

Ia menyebutkan jumlah pelaku UMKM di Korsel cukup besar yakni mencapai 99,8% dari unit usaha yang ada sehingga cenderung mirip dengan kondisi yang berkembang di Indonesia.

"Jadi secara persentase memang mirip karena di Indonesia juga jumlah UMKM mencapai 99%. Tetapi kalau di kuantitatifkan menjadi sangat berbeda karena jumlah UMKM di Korea hanya sekitar 3,4 juta sementara di Indonesia mencapai 59,3 juta unit," ujar Meliadi melalui keterangan resmi, Jumat (12/10). (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More