Malaysia Segera Hapus Hukuman Mati

Penulis: Sonya Michaella Pada: Jumat, 12 Okt 2018, 12:45 WIB Internasional
Malaysia Segera Hapus Hukuman Mati

ANTARA

PEMERINTAH Malaysia berencana untuk menghapus hukuman mati. Pembahasan ini ini sudah dilakukan sejak pekan ini oleh semua jajaran kabinet Perdana Menteri Mahathir Mohamad.

"Semua hukuman mati untuk jenis kriminal apa pun akan dihapuskan. Kita hentikan penuh," kata Menteri Hukum Malaysia Liew Vui Keong, dikutip dari Strait Times, Jumat (12/10).

Rancangan Undang-Undang (RUU) juga baru diumumkan pada Rabu (10/10) kemarin, bertepatan dengan hari anti-hukuman mati internasional. 

Liew mengatakan, pembahasan RUU kini memasuki tahap akhir sebelum diajukan ke Parlemen, pekan depan.

"Kami sedang mempelajari isu-isu tertentu. Kita perlu mendengar pendapat orang tetapi keputusannya sekarang adalah menghapus hukuman mati," ucap dia.

Di Negeri Jiran, hukuman mati dilakukan dengan cara menggantung. Narapidana yang menerima hukuman gantung biasanya adalah narapidana kasus pembunuhan berencana, segala kasus yang berhubungan dengan narkotika dan kepemilikan senjata api.

Penghapusan hukuman mati ini disebut selaras dengan janji PM Mahathir dan koalisi Pakatan Harapan yang sepakat untuk mengakhiri hukum yang menindas rakyat. (Medcom/OL-3)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More