Partai DUP Ancam Tarik Dukungan terhadap May

Penulis: (AFP/Tes/I-2) Pada: Jumat, 12 Okt 2018, 06:20 WIB Internasional
 Partai DUP Ancam Tarik Dukungan terhadap May

(Photo by Ben STANSALL / AFP

PARTAI Uni Demokrat Irlandia Utara (DUP) mengancam akan menarik dukungan mereka terhadap Perdana Menteri (PM) Inggris Theresa May jika orang nomor satu di negara itu berkompromi dengan Belgia. Implementasi gertakan itu berpotensi mengguncang pemerintahan sekaligus memicu pemilihan umum (pemilu).

Juru bicara Brexit DUP Sammy Wilson memperingatkan kebijakan pemeriksaan barang jenis apa pun di wilayah perbatasan Inggris dan Irlandia Utara sebagaimana ditekankan Kepala Negosiator Uni Eropa terkait Brexit, Michael Barnier, tidak dapat diterima.

Sebagai informasi, pascakegagalan Partai Konservatif meraih suara mayoritas dalam pemilu parlemen Inggris pada Juni 2017, kepercayaan diri pemerintahan May mulai berkurang. Dia pun berusaha meraup dukungan melalui perjanjian dengan 10 anggota parlemen Partai DUP.

Jika suara Partai DUP keluar dari perhitungan, hal itu dapat memicu mosi ketidakpercayaan dan kekalahan pemerintah dalam pemilu. "Menerima tuntutan Belgia tidak hanya berdampak pada regulasi Brexit, yang membutuhkan dukungan DUP, tetapi juga memengaruhi reformasi kesejahteraan, anggaran, dan pembentukan kebijakan lainnya," tulis Wilson seperti dimuat The Daily Telegraph.

Dia melanjutkan, sebagai Partai Serikat Buruh, mereka tidak akan memberikan dukungan terhadap kesepakatan ataupun regulasi yang berdampak buruk secara konstitusi dan ekonomi. Secara tegas dia mengatakan pihaknya tidak akan melunak sekalipun pemerintah melakukan praktik penyuapan atau malah menindas.

Tulisan itu dapat ditafsirkan sebagai ultimatum terhadap pemerintah Inggris. Di lain hal, anggota parlemen dari Partai DUP telah gagal menyokong pemerintah dalam pemungutan suara terkait amendemen Rancangan Undang-Undang Pertanian. Meski poin utama pembicaraan Brexit menyepakati pemutusan hubungan dengan Uni Eropa yang mengikat secara hukum, perbatasan terbuka antara Irlandia Utara dan Republik Irlandia diharapkan tetap bertahan.

Sementara itu, Barnier mengatakan prosedur administratif masih diperlukan untuk memeriksa lalu lintas barang sekalipun perbatasan Irlandia Utara dan Republik Irlandia tetap dibuka. Proposal Uni Eropa berupaya mempertahankan Irlandia Utara berada dalam pengaturan pasar tunggal Eropa, termasuk ketentuan tentang bea dan cukai.

Secara terpisah, May menyatakan pihaknya tidak menerima kesepakatan apa pun yang mengarah pada pembentukan perbatasan di laut Irlandia. Meski begitu, informasi teranyar menyebutkan pemerintah Inggris sangat mungkin besar bersedia untuk berkompromi.

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More