Partai DUP Ancam Tarik Dukungan terhadap May

Penulis: (AFP/Tes/I-2) Pada: Jumat, 12 Okt 2018, 06:20 WIB Internasional
 Partai DUP Ancam Tarik Dukungan terhadap May

(Photo by Ben STANSALL / AFP

PARTAI Uni Demokrat Irlandia Utara (DUP) mengancam akan menarik dukungan mereka terhadap Perdana Menteri (PM) Inggris Theresa May jika orang nomor satu di negara itu berkompromi dengan Belgia. Implementasi gertakan itu berpotensi mengguncang pemerintahan sekaligus memicu pemilihan umum (pemilu).

Juru bicara Brexit DUP Sammy Wilson memperingatkan kebijakan pemeriksaan barang jenis apa pun di wilayah perbatasan Inggris dan Irlandia Utara sebagaimana ditekankan Kepala Negosiator Uni Eropa terkait Brexit, Michael Barnier, tidak dapat diterima.

Sebagai informasi, pascakegagalan Partai Konservatif meraih suara mayoritas dalam pemilu parlemen Inggris pada Juni 2017, kepercayaan diri pemerintahan May mulai berkurang. Dia pun berusaha meraup dukungan melalui perjanjian dengan 10 anggota parlemen Partai DUP.

Jika suara Partai DUP keluar dari perhitungan, hal itu dapat memicu mosi ketidakpercayaan dan kekalahan pemerintah dalam pemilu. "Menerima tuntutan Belgia tidak hanya berdampak pada regulasi Brexit, yang membutuhkan dukungan DUP, tetapi juga memengaruhi reformasi kesejahteraan, anggaran, dan pembentukan kebijakan lainnya," tulis Wilson seperti dimuat The Daily Telegraph.

Dia melanjutkan, sebagai Partai Serikat Buruh, mereka tidak akan memberikan dukungan terhadap kesepakatan ataupun regulasi yang berdampak buruk secara konstitusi dan ekonomi. Secara tegas dia mengatakan pihaknya tidak akan melunak sekalipun pemerintah melakukan praktik penyuapan atau malah menindas.

Tulisan itu dapat ditafsirkan sebagai ultimatum terhadap pemerintah Inggris. Di lain hal, anggota parlemen dari Partai DUP telah gagal menyokong pemerintah dalam pemungutan suara terkait amendemen Rancangan Undang-Undang Pertanian. Meski poin utama pembicaraan Brexit menyepakati pemutusan hubungan dengan Uni Eropa yang mengikat secara hukum, perbatasan terbuka antara Irlandia Utara dan Republik Irlandia diharapkan tetap bertahan.

Sementara itu, Barnier mengatakan prosedur administratif masih diperlukan untuk memeriksa lalu lintas barang sekalipun perbatasan Irlandia Utara dan Republik Irlandia tetap dibuka. Proposal Uni Eropa berupaya mempertahankan Irlandia Utara berada dalam pengaturan pasar tunggal Eropa, termasuk ketentuan tentang bea dan cukai.

Secara terpisah, May menyatakan pihaknya tidak menerima kesepakatan apa pun yang mengarah pada pembentukan perbatasan di laut Irlandia. Meski begitu, informasi teranyar menyebutkan pemerintah Inggris sangat mungkin besar bersedia untuk berkompromi.

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More