Amartha Raih Penghargaan dari Forbes Indonesia

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Selasa, 09 Okt 2018, 16:05 WIB Weekend
Amartha Raih Penghargaan dari Forbes Indonesia

Dok. Amartha
Pendiri dan CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra (kiri) menerima penghargaan Forbes.

PERUSAHAAN rintisan Amartha meraih penghargaan 30 Promising Growth-stage Startups 2018 dari Forbes Indonesia. Penghargaan ini diberikan bagi startup di beberapa sektor yang dianggap mampu menjadi "The Next Unicorn" di Indonesia. Salah satu kriteria pemilihan dari penghargaan adalah perusahaan yang sudah melalui pendanaan Series A atau telah menjadi Series B.

“Saya berterima kasih kepada Forbes Indonesia atas penghargaan ini.  Penghargaan ini akan memacu kami untuk terus berkarya untuk kemajuan ekonomi Indonesia terutama untuk pengusaha-pengusaha mikro perempuan di pedesaan,” kata Pendiri dan CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra di Forbes Indonesia Digital Conference 2018, Fairmont Hotel Jakarta Senin (1/10).

Amartha merupakan perusahaan fintech yang bergerak di peer to peer lending sejak 2016. Sebelumnya, perusahaan yang berdiri sejak 2010 ini  awalnya  microfinance.

“Dengan perubahan ini, teknologi finansial telah meningkatkan efisiensi operasional sehingga dapat menjangkau desa-desa terpencil dan memproses pengajuan pinjaman dengan lebih cepat,” ujar Andi.

Saat ini Amartha telah berkembang dan melayani lebih dari 3.800 desa di pulau Jawa dan telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 572 miliar kepada 138.741 pengusaha mikro perempuan. Lima dari 10 mitra Amartha berada di atas garis kemiskinan. Dengan  tingkat inklusi keuangan yang masih rendah di Indonesia, Amartha fokus pada pelayanan di pelosok desa yang tidak terjangkau oleh layanan keuangan formal, dengan tujuan mengurangi kesenjangan ekonomi di daerah dan di segmen termiskin.

“Selama tahun 2017, sebanyak 70.977 perempuan telah dilatih dan didampingi untuk menjadi pengusaha mikro yang tangguh dan setara.” jelas Andi.

Sebelumnya, Amartha mendapatkan penghargaan dari Kadin DKI Jakarta, Republika Syariah Award, dan Marketeers. Amartha juga menjadi pemenang pertama di Sankalp Award yang digagas Aavishkaar-Intellecap Group untuk mendorong ekosistem startup sosial di Asia Tenggara. Pada 2018, Amartha menjadi pemenang InnovationXchange (iXc). (M-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More