Tetap Profesional meskipun Sakit

Penulis: Riz/M-3 Pada: Minggu, 07 Okt 2018, 06:30 WIB Weekend
Tetap Profesional meskipun Sakit

MI/ADAM DWI

SAAT diwawancarai oleh Media Indonesia, Jumat (5/10), jadwal ayah dua anak itu sangat padat. Setelah siang hari bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, sorenya dirinya menggelar konferensi pers rutin di kantor pusat BNPB di daerah Pramuka, Jakara Timur, untuk menginformasikan peristiwa terkini di Palu, Donggala, dan sekitarnya. Meskipun tampak lelah, pria yang akrab disapa Pak Topo itu sangat antusias berbagi pengalaman bertemu dengan Presiden Jokowi kepada awak media, bahkan dirinya tetap profesional melayani berbagai pertanyaan awak media sore itu.

"Tadi saya bertemu Presiden di Istana Bogor. Saya senang sekali dan akan menjadi pengalaman indah yang tak terlupakan," ungkap Sutopo kepada awak media sambil menunjukkan foto-fotonya bersama Presiden Jokowi.

Sutopo menceritakan Presiden sangat mengapresiasi dirinya yang tetap profesional dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara meskipun sedang menderita kanker paru-paru stadium 4B.

"Tadi Pak Presiden juga bilang juga baru tahu kalau saya punya kanker," imbuhnya.

Tidak hanya itu, Sutopo pun mengabadikan pertemuannya dengan RI 1 tersebut dalam sebuah vlog pribadinya. Ia menyatakan pertemuan itu menjadi kado terindah untuk ulang tahunnya yang jatuh pada 7 Oktober.

Meskipun tampak ceria dan antusias, mantan peneliti hidrologi di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tidak dapat terus-menerus menyembunyikan rasa sakitnya. Saat diwawancarai eksklusif Media Indonesia, pun dirinya tampak menahan rasa sakit, tetapi tetap berusaha menjawab pertanyaan dengan baik.

Peraih Outstanding Spokeperson (Humas Terbaik) dari Asosiasi Media Asing di Indonesia 2017 itu mengaku memiliki hobi menyanyi meskipun belakangan sudah jarang melakukannya karena fokus ke pengobatan penyakitnya. Sutopo mengakui menggemari lagu-lagu milik penyanyi, seperti Raisa dan Afgan. Bahkan belakangan tagar yang dicetuskan warganet, #RaisaMeetSutopo sempat menghebohkan media sosial sebagai dukungan agar Sutopo dapat bertemu dengan idolanya itu. Akhirnya pun tagar tersebut membuahkan hasil. Keduanya melakukan video call. (Riz/M-3)

BIODATA

Nama: Sutopo Purwo Nugroho

Tempat, tanggal lahir: Boyolali, 7 Oktober 1969

Istri: Retno Utami Yulianingsih

Anak:

1. Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho

2. Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho

Pendidikan:

S-3: Program Studi Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan IPB Bogor (2008-2010)

S-2: Program Studi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai di IPB Bogor (1998-2000)

S-1: Fakultas Geografi di UGM Yogyakarta (1989-1994)

Karier:

1. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB (2010-sekarang)

2. Direktur Pengurangan Risiko Bencana BNPB (2010)

3. Kepala Bidang Teknologi Mitigasi Bencana, Pusat Teknologi Pengelolaan Lahan, Wilayah, dan Mitigasi Bencana BPPT (2009-2010)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More