Pasar Cerah Mitsubishi Siap Genjot Produksi

Penulis: (Cdx/S-2) Pada: Kamis, 04 Okt 2018, 05:50 WIB Otomotif
Pasar Cerah Mitsubishi Siap Genjot Produksi

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

POTENSI pasar otomotif Indonesia yang terbilang legit tidak ingin disia-siakan raksasa otomotif Jepang, Mitsubishi. Mereka kini mulai menjajaki penambahan kapasitas produksi untuk pabriknya di Cikarang, Jawa Barat, dari 160 ribu unit menjadi 220 ribu unit per tahun.

Pengembangan itu merupakan hasil investasi yang mereka tanamkan sebesar 4 miliar yen atau sekitar Rp540 miliar. Adapun 220 ribu unit itu akan meliputi produk Xpander, Pajero Sport, dan L300.

"Kami akan menambah kapasitas produksi kami di Indonesia, tentunya dengan menambah nilai investasi. Itu mengingat permintaan yang semakin besar mulai pasar domestik, juga pasar global, seperti negara tujuan ekspor di Asia. Ini menjadi target kami agar cepat terpenuhi," papar Chief Executive Mitsubishi Motors Osamu Masuko saat menghadiri konferensi pers di Hotel Gran Melia, Jakarta, seperti dilansir situs medcom.id, kemarin.

Detail peningkatan kapasitas itu, antara lain berupa produksi Xpander naik dari 115 ribu unit per tahun menjadi 160 ribu unit pada 2020. Sekitar 110 ribu unit peruntukannya ialah untuk pasar domestik dan 50 ribu unit sisanya untuk pasar global. Sebelumnya, Mitsubishi hanya mengalokasikan 30 ribu unit untuk pasar global.

Peningkatan kapasitas itu pun akan berdampak pada lapangan kerja yang diestimasi bertambah 800 menjadi total 4.100 karyawan di pabrik mereka.
Komitmen lain yang mereka pastikan juga meningkat ialah bertambahnya konten lokal pada mobil-mobil produksi pabrik tersebut. Masuko menegaskan, nantinya kandungan lokal di Xpander naik dari 70% menjadi 80%.

Dalam kesempatan serupa, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berharap meningkatnya investasi Mitsubishi itu akan menambah pemasukan negara di sektor nonsumber daya alam.

Di lain hal, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dan Mitsubishi Corporation (MC) mengumumkan rencana pemberian donasi senilai Rp1 miliar untuk membantu para korban gempa di Sulawesi. Donasi akan diberikan melalui Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) selaku fasilitas manufaktur dan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai distributor kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia.

Bantuan dan donasi akan diberikan dalam bentuk perbaikan saluran air bersih, children healing center, bahan pokok utama, dan juga pinjaman dua unit rescue car, Truk pick-up, Triton yang dapat dimanfaatkan sebagai kendaraan evakuasi dan suplai logistik.

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More