Berat Badan Ideal dengan Asisten Digital

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Sabtu, 29 Sep 2018, 08:20 WIB Teknologi
Berat Badan Ideal dengan Asisten Digital

DOK. NOOM

MEMILIKI berat badan ideal menjadi impian, tapi tidak semua beruntung memiliki personal trainer yang mendampingi dalam proses mendapatkan berat badan ideal. Kini Anda tidak perlu bingung lagi mencari asisten yang memantau kegiatan Anda.

Ada sejumlah aplikasi yang bisa membantu. Ada dua aplikasi pilihan Media Indonesia yang bisa dicoba, yaitu Noom Health and Weight dan Sehat Weight Loss Coach, yang dapat diunduh secara gratis di Play Store.

Noom Health and Weight ialah aplikasi buatan Noom Inc, yang terkenal banyak menciptakan aplikasi untuk menjaga berat badan yang ideal. Setelah mungunduh aplikasi tersebut Anda diwajibkan mendaftarkan diri untuk menggunakannya.

Anda akan diminta memasukan jenis kelamin, nama, usia, tinggi badan, berat badan, serta target berat badan yang Anda inginkan. Setelah itu Anda akan disuruh memilih tingkatan intensitas program yang akan dijalani, mulai Easy, Average, dan Intense, lalu daftar.

Seusai mendaftar, Anda langsung bisa menggunakan aplikasi tersebut. Di tampilan bagian atas akan ada jumlah kalori yang harus dikonsumsi berdasarkan data dan target yag sudah dimasukan sebelumnya. Misalnya, pria berusia 27 tahun dengan tinggi badan 168 sentimeter dan berat badan 70 kilogram memiliki target berat badan idealnya 67 kg, jumlah asupan kalori per harinya ialah 1520 kalori.

Kita diwajibkan memasukkan makanan yang dikonsumsi, baik sarapan, ngemil, makan siang, dan makan malam. Setiap makanan akan dihitung kalorinya. Misalnya, satu potong paha ayam goreng memiliki 119 kalori.

Setiap makanan yang kita konsumsi dan input datanya, jumlah kalorinya akan dihitung sampai mencapai jumlah kalori ideal yang dibutuhkan.

Tidak hanya itu, kita pun dipandu melakukan aktivitas fisik, terutama berjalan kaki. Ada target berapa langkah yang harus kita lakukan, misalnya, 2.000 langkah. Aplikasi tersebut akan membantu menghitung langkah saat berjalan kaki.

Anda tetap bisa memantau program dan aplikasi ini juga melakukan perhitungan sendiri, misalnya, dengan data sebelumnya (contoh di atas) jika pria itu disiplin, berat badan ideal tersebut dapat dicapai dalam 2 bulan.

Selain itu, Noom juga menawarkan fitur premium. Layanan ini membantu Anda agar diet yang dilakukan berjalan dengan lancar dari sisi psikologi. Anda akan diberikan artikel-artikel terkait dengan hidup sehat yang menginspirasi, akses ke personal coach, memonitor progres yang Anda lakukan, serta mendapatkan dukungan dari para pelaku diet lainnya yang sudah sukses. Namun, layanan premium tersebut tidak gratis,

Anda harus membayar sekitar US$45-US$90 per bulannya.

 

Analisis komponen nutrisi

Seperti Noom, aplikasi Sehat Weight Loss Coach dapat diunduh secara gratis. Meski fiturnya sama, aplikasi ini bisa dibilang lebih interaktif dan analisis yang lebih mendetail.

Secara umum, setelah mengunduh Anda diminta mengisi data diri lengkap. Saat memasukan tinggi dan berat badan, akan langsung mengetahui berat badan Anda masuk kategori ideal, kurus, atau kegemukan. Setelah itu Anda akan disarankan berapa berat badan yang ideal untuk tubuh Anda.

Saran berat badan ideal tersebut, juga termasuk jumlah kebutuhan kalori serta jumlah air yang harus dikonsumsi. Misalnya, pria berusia 27 tahun dengan berat badan 70 kilogram dan tinggi badan 168 sentimeter, untuk mencapai berat badan yang ideal, yaitu 67 kilogram, maka air yang juga harus dikonsumsi per harinya sebanyak 9 gelas.

Tidak hanya itu, aplikasi ini mampu menganalisis mengenai komponen nutrisi yang diserap dari makanan-makanan yang dikonsumsi. Misalnya, berapa persen kandungan protein yang dikonsumsi, lemak, karbohidrat, maupun seratnya.

Sehat Weight Loss Coach juga memberikan pengingat kepada Anda agar Anda tidak lupa untuk meminum air maupun mengonsumsi makanan sesuai dengan program yang sedang dijalankan. Terdapat pula hitungan jumlah kalori yang dibakar berdasarkan pada aktivitas olahraga yang Anda lakukan, misalnya, berlari, bersepeda, atau gym. Fitur penghitung kalori tersebut juga dilengkapi beragam kiat dan pengingat agar selalu memotivasi Anda.

 

Kekurangan

Dapat disimpulkan, kedua aplikasi ini mampu membantu penggunanya mendapatkan berat badan ideal yang menyehatkan. Namun, tidak dapat dimungkiri keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Noom, misalnya, memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipahami. Fitur yang dihadirkan pun ringkas, bahkan Anda bisa menikmati fitur premium dengan analisis yang lebih kompleks dan akurat, tapi fitur premium tersebut tidak gratis.

Sementara itu, Sehat Weight Loss Coach memiliki fitur dan fungsi yang mirip dengan Noom, tapi fitur analisis diet yang dihadirkan lebih lengkap dari Noom dengan adanya pengingat. Tampilan Sehat Weight Loss Coach pun mudah dipahami dan fitur-fitur yang dihadirkan gratis. (M-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More