Beli BBM Non Tunai Bisa Bantu Pulihkan Ekonomi

Penulis: Micom Pada: Selasa, 25 Sep 2018, 22:30 WIB Ekonomi
Beli BBM Non Tunai Bisa Bantu Pulihkan Ekonomi

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra


INOVASI Pertamina terkait sistem pembayaran non tunai di SPBU mendapat apresiasi. 

Seperti disampaikan pengamat ekonomi Universitas Batanghari, Pantun Bukit, terobosan itu diyakini akan berpengaruh positif terhadap perekonomian nasional. Termasuk di antaranya bisa membantu memulihkan kondisi ekonomi saat ini. 

"Pembayaran non tunai bagi pelanggan SPBU yang dilakukan Pertamina sangat baik. Sistem tersebut memiliki kontribusi besar bagi perekonomian dan bahkan bisa memulihkan nilai tukar rupiah saat ini,” kata Pantun dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (25/9). 

Melalui sistem non tunai, warga yang membeli bahan bakar minyak (BBM) di SPBU memang tidak perlu membayar melalui uang tunai. Mereka cukup bertransaksi melalui kartu uang elektronik, sehingga membantu Pemerintah untuk memantau jumlah uang yang beredar. Misalnya, jumlah transaksi per hari, semua bisa dicatat melalui sistem tersebut. Hal ini tentu berbeda jika pembayaran dilakukan tunai, karena banyak transaksi yang tidak tercatat.

Karena itulah sistem pembayaran non tunai sekaligus bisa menurunkan jumlah para spekulan. Menurut Pantun, jika spekulan berkurang nilai tukar rupiah bisa dikendalikan dengan baik. 

"Apalagi sistem tersebut diberlakukan di SPBU di mana setiap orang pasti membutuhkan BBM. Jadi, kalau sistem pembayaran non tunai dimulai dari SPBU, secara perlahan bisa memperbaiki kondisi ekonomi Indonesia," jelas Pantun lagi.

Dalam konteks itu pula Pantun mendukung perluasan sistem pembayaran tersebut di SPBU seluruh Indonesia. Kalaupun saat ini masih diterapkan di berbagai SPBU di Jawa dan Sumatera Barat, ia berharap ke depan akan semakin banyak SPBU yang membuka Jalur Non Tunai (JNT) bagi pelanggan.  

Pekan ini, Pertamina memang melakukan launching Jalur Non Tunai (JNT) bagi pembelian BBM di SPBU Pisang, Kota Padang. Pemberlakukan sistem pembayaran tanpa uang cash tersebut bukan yang pertama. Saat mudik 2018, BUMN tersebut sudah membuka layanan pembayaran non tunai di berbagai SPBU di Pulau Jawa. 

Guna mendukung sistem pembayaran non tunai tersebut, selain menggandeng BRI, Pertamina juga bekerja sama deengan penyedia layanan perbankan, seperti Mastercard dan Visa. Melalui berbagai kerja sama tersebut, Pertamina berharap bahwa target untuk menerapkan sistem pembayaran non tunai tersebut di SPBU di seluruh Indonesia, bisa tercapai.  (RO/O-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More