Kualitas Air Sungai 73% Buruk

Penulis: BN/N-3) Pada: Selasa, 25 Sep 2018, 23:30 WIB Nusantara
 Kualitas Air Sungai 73% Buruk

ANTARA FOTO/Risky Andrianto

KUALITAS air baku di sungai seluruh Indonesia sangat buruk lantaran tercemar limbah beracun. Dari survei terbaru menyebutkan 194 sungai di Indonesia sebanyak 73% tercemar limbah beracun.

Hal ini sampaikan Dirjen Pengendalian Pencemaran Pesisir dan Kelautan, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), MR Karliansyah, kepada wartawan di Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (25/9).

Masalah air secara nasional, diakuinya, masih bermasalah. Pencemaran di sungai dari limbah domestik mencapai 70%-80%, sedangkan limbah industri menyumbang pencemaran sekitar 15%. “Hanya 3% sungai yang kualitas airnya memenuhi baku mutu kelas dua. Adapun 73% sungai yang tercemar limbah berbahaya itu umumnya di Jawa,” katanya.

Namun, setelah pemerintah bersama masyarakat membenahi daerah aliran sungai (DAS), perlahan tapi pasti mulai ada perbaikan Kesadaran masyarakat pun dalam melestarikan lingkungan makin tinggi. (BN/N-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More