Kualitas Air Sungai 73% Buruk

Penulis: BN/N-3) Pada: Selasa, 25 Sep 2018, 23:30 WIB Nusantara
 Kualitas Air Sungai 73% Buruk

ANTARA FOTO/Risky Andrianto

KUALITAS air baku di sungai seluruh Indonesia sangat buruk lantaran tercemar limbah beracun. Dari survei terbaru menyebutkan 194 sungai di Indonesia sebanyak 73% tercemar limbah beracun.

Hal ini sampaikan Dirjen Pengendalian Pencemaran Pesisir dan Kelautan, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), MR Karliansyah, kepada wartawan di Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (25/9).

Masalah air secara nasional, diakuinya, masih bermasalah. Pencemaran di sungai dari limbah domestik mencapai 70%-80%, sedangkan limbah industri menyumbang pencemaran sekitar 15%. “Hanya 3% sungai yang kualitas airnya memenuhi baku mutu kelas dua. Adapun 73% sungai yang tercemar limbah berbahaya itu umumnya di Jawa,” katanya.

Namun, setelah pemerintah bersama masyarakat membenahi daerah aliran sungai (DAS), perlahan tapi pasti mulai ada perbaikan Kesadaran masyarakat pun dalam melestarikan lingkungan makin tinggi. (BN/N-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More