Haringga Selalu Nonton Langsung Laga Tandang Persija

Penulis: Antara Pada: Selasa, 25 Sep 2018, 08:30 WIB Sepak Bola
Haringga Selalu Nonton Langsung Laga Tandang Persija

ANTARA/Dedhez Anggara
Sejumlah pendukung klub sepak bola Persija melakukan ziarah ke makam Haringga Sirila di Indramayu, Jawa Barat, Senin (24/9). Haringga Sirila meninggal dunia akibat penganiayaan oleh sejumlah pendukung klub sepak bola Persib pada laga lanjutan Liga 1 Minggu

PENTOLAN kelompok pendukung Persija Jakarta, The Jakmania, Bayu yang akrab disapa Bayu Kutil menyebut korban pengeroyokan sekelompok pendukung klub sepak bola Persib Bandung, Haringga Sirla, 23, adalah sosok pemuda yang baik.

"Sepengetahuan saya, almarhum ini adalah sosok pemuda yang patuh dan sayang pada orangtuanya. Dia tidak merokok, minum alkohol, dan tidak macam-macamlah," kata Bayu saat dihubungi, Senin (24/9) malam.

Kendati demikian, lanjut Bayu yang merupakan Koordinator Wilayah Jakmania kawasan Cengkareng, Jakarta Barat itu, kendati terbilang pemuda yang baik, fanatisme Haringga sangat tinggi untuk mendukung klub idolanya, Persija Jakarta.

"Dia memang fanatik sekali, ke mana-mana Persija main, dia selalu datang mendukung bahkan tidak jarang sendirian. Terakhir, sebelum kejadian ini, dia juga berangkat ke Bantul ketika melawan PSIS Semarang karena memang dia selalu berangkat saat Persija tur tandang," kata Bayu.

Haringga yang merupakan warga Bangunusa RT 13 RW 03, Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, menjadi korban pengeroyokan sejumlah pendukung Persib Bandung. Hal itu terjadi menjelang laga Liga 1 antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9).

Menurut kabar dari Bayu, Haringga yang berangkat seorang diri, menjadi korban pengeroyokan usai terkena aksi sweeping oleh pendukung Persib Bandung (Bobotoh) menjelang pertandingan di luar stadion.

"Dia kena sweeping di stadion, diperiksa semua yang dibawanya, hand phone, KTP semuanya dan ada KTA-nya hingga akhirnya terjadi pengeroyokan. Saya sendiri, di Cengkareng mengintruksikan pada anggota subwilayah tidak ada yang memberangkatkan ke Bandung mengingat rivalitas yang sudah melebihi batas. Tapi ternyata almarhum berangkat sendiri," kata Bayu yang mengaku baru mengantar jenazah Haringga untuk dikebumikan di Indramayu, Jawa Barat.

Atas kejadian ini, kata Bayu, pihaknya mengharapkan para pelaku aksi pengeroyokan tersebut segera diproses dan dihukum dengan hukum yang setimpal.

"Pelaku yang menganiaya korban ini harus diproses sesuai hukum yang berlaku dengan hukuman yang seberat-beratnya. Ini bukan hanya harapan kami di Jakmania sebagai rekan korban, tapi juga harapan dari pihak keluarga korban," imbuh Bayu.

Polrestabes Bandung telah menangkap 16 orang suporter Persib Bandung, delapan orang di antara mereka ditetapkan sebagai tersangka penganiayaan yang menyebabkan meninggalnya Haringga Sirila di tempat kejadian.

Jakmania sendiri mengirimkan surat permohonan pada Polrestabes Bandung untuk mengoptimalkan penyelidikan dan penyidikan atas kasus yang menyebabkan meninggal dunianya Haringga. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More