Elnino Berdampak Pada Kemunduran Musim Tanam di Temanggung

Penulis: Tosiani Pada: Rabu, 19 Sep 2018, 14:20 WIB Nusantara
Elnino Berdampak Pada Kemunduran Musim Tanam di Temanggung

ANTARA/Fikri Yusuf

FENOMENA elnino mengakibatkan waktu terjadinya musim hujan mundur dari prakiraan awal BMKG. Kondisi ini akan berdampak pada mundurnya masa tanam padi hingga sekitar bulan Desember.

"Efek paling dekat dari elnino ya mundurnya masa tanam. Kita berharap Oktober minggu ketiga sudah ada hujan yang layak untuk tanaman. Utamanya untuk sawah tadah hujan dan tegalan,"ujar Harnani." kata Kepala Bidang Pertanian, Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Temanggung, Harnani Imtikhandari, di Temanggung, Rabu (19/9).

Selain itu, mundurnya musim hujan juga memungkinkan perkembangan hama penyakit yang menyerang tanaman tidak bisa diperkirakan.

Selain itu, lanjut Harnani, kemunduran musim hujan juga akan berdampak pada perhitungan produksi 2018 yang bergeser ke 2019. Dengan demikian, angka produksi tahun ini akan berkurang, dan perhitungan tahun depan bertambah.

"Imbauan untuk petani, kalau hujan belum turun berturut-turut selama 10 hari, untuk wilayah tegalan jangan menanam dulu, sayang benihnya," pungkas Harnani.(OL-6)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More