Penemuan Gambar Tertua di Afrika

Penulis: Theguardian/Tes/X-11 Pada: Rabu, 19 Sep 2018, 08:10 WIB Internasional
Penemuan Gambar Tertua di Afrika

Seno

SEJUMLAH arkeolog telah menemukan gambar yang pertama kali dibuat manusia. Meski tak seindah lukisan Leonardo da Vinci ataupun Peter Paul Rubens, goresan di bebatuan Gua Blombos, Afrika Selatan, itu cukup impresif karena memiliki pola silang teratur bahkan relatif sempurna.

Butuh tujuh tahun lamanya hingga arkeolog akhirnya dapat menyimpulkan berbagai fragmen batu yang ditorehkan pada 73 ribu tahun lalu itu. Terdapat fragmen batu yang menggambarkan goresan ujung tombak saat diasah.

"Lukisan yang menutupi dinding Gua Blombos merupakan gambar pertama dalam sejarah manusia. Apa artinya? Kami belum tahu pasti. Yang jelas gambaran abstrak mencerminkan kehidupan masyarakat tradisional saat itu," kata salah satu tim peneliti dari Universitas Bordeaux, Prancis.

Penggalian tersebut juga turut menemukan kerang yang dilapisi semacam manik-manik berikut kepingan oker yang ada ukiran silangnya. (Theguardian/Tes/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More