Penemuan Gambar Tertua di Afrika

Penulis: Theguardian/Tes/X-11 Pada: Rabu, 19 Sep 2018, 08:10 WIB Internasional
Penemuan Gambar Tertua di Afrika

Seno

SEJUMLAH arkeolog telah menemukan gambar yang pertama kali dibuat manusia. Meski tak seindah lukisan Leonardo da Vinci ataupun Peter Paul Rubens, goresan di bebatuan Gua Blombos, Afrika Selatan, itu cukup impresif karena memiliki pola silang teratur bahkan relatif sempurna.

Butuh tujuh tahun lamanya hingga arkeolog akhirnya dapat menyimpulkan berbagai fragmen batu yang ditorehkan pada 73 ribu tahun lalu itu. Terdapat fragmen batu yang menggambarkan goresan ujung tombak saat diasah.

"Lukisan yang menutupi dinding Gua Blombos merupakan gambar pertama dalam sejarah manusia. Apa artinya? Kami belum tahu pasti. Yang jelas gambaran abstrak mencerminkan kehidupan masyarakat tradisional saat itu," kata salah satu tim peneliti dari Universitas Bordeaux, Prancis.

Penggalian tersebut juga turut menemukan kerang yang dilapisi semacam manik-manik berikut kepingan oker yang ada ukiran silangnya. (Theguardian/Tes/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More