Hutan Kawasan Gunung Ciremai Terbakar

Penulis: Nurul Hidayah Pada: Selasa, 18 Sep 2018, 22:30 WIB Nusantara
Hutan Kawasan Gunung Ciremai Terbakar

Ist

KEBAKARAN hutan terjadi di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Jawa Barat. Upaya pemadaman hingga kini masih terus dilakukan.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran hutan terjadi di Leuweung Kiara, Ciula, Lemah Neundeut, di kawasan TNGC, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

"Api mulai terlihat warga sekitar pukul 12.30 siang tadi," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan,  Agus Mauludin, Selasa (18/9).

Bahkan, kata dia, api saat ini masih menyala dan mengarah dari timur atau bawah menuju ke barat atau atas. Upaya pemadaman juga masih terus dilakukan pihak BPBD.

Data sementara hutan yang terbakar kurang lebih 50 hektare. Agar api tidak menjalar jauh, upaya pembuatan sekat bakar mereka lakukan. Dimulai dari Blok Pamuludan ke arah barat (atas), untuk memotong penyebaran api. Pemadaman juga dilakukan langsung ke titik api dari arah selatan dan timur/bawah (Linggarjati dan Setianegara).

Selanjutnya untuk mengatasi kobaran api, BPBD Kabupaten Kuningan telah menurunkan tim advance, tim asesmen, dan tim pemadaman.

"Kami juga berkoordinasi dengan pengelola kawasan untuk rencana operasi penanganan lanjutan kebakaran hutan ini," ungkap Agus.  

Pihak BPBD juga bekerja sama dengan TNI, kepolisian, dan masyarakat untuk upaya pemadaman api tersebut. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More