Hutan Kawasan Gunung Ciremai Terbakar

Penulis: Nurul Hidayah Pada: Selasa, 18 Sep 2018, 22:30 WIB Nusantara
Hutan Kawasan Gunung Ciremai Terbakar

Ist

KEBAKARAN hutan terjadi di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Jawa Barat. Upaya pemadaman hingga kini masih terus dilakukan.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran hutan terjadi di Leuweung Kiara, Ciula, Lemah Neundeut, di kawasan TNGC, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

"Api mulai terlihat warga sekitar pukul 12.30 siang tadi," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kuningan,  Agus Mauludin, Selasa (18/9).

Bahkan, kata dia, api saat ini masih menyala dan mengarah dari timur atau bawah menuju ke barat atau atas. Upaya pemadaman juga masih terus dilakukan pihak BPBD.

Data sementara hutan yang terbakar kurang lebih 50 hektare. Agar api tidak menjalar jauh, upaya pembuatan sekat bakar mereka lakukan. Dimulai dari Blok Pamuludan ke arah barat (atas), untuk memotong penyebaran api. Pemadaman juga dilakukan langsung ke titik api dari arah selatan dan timur/bawah (Linggarjati dan Setianegara).

Selanjutnya untuk mengatasi kobaran api, BPBD Kabupaten Kuningan telah menurunkan tim advance, tim asesmen, dan tim pemadaman.

"Kami juga berkoordinasi dengan pengelola kawasan untuk rencana operasi penanganan lanjutan kebakaran hutan ini," ungkap Agus.  

Pihak BPBD juga bekerja sama dengan TNI, kepolisian, dan masyarakat untuk upaya pemadaman api tersebut. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More