Pesan Terakhir Menara Pengawas untuk MH370

Penulis: Arpan Rahman Pada: Minggu, 16 Sep 2018, 21:35 WIB Internasional
Pesan Terakhir Menara Pengawas untuk MH370

AFP JOHN SAEKI

MENARA pengawas berusaha mengirim pesan terakhirnya ke pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 empat tahun lalu. Pesan itu dikirim ulang hingga tiga kali, namun tidak pernah diterima MH370.

Fakta mengenai pesan ini tidak muncul dalam dokumen resmi penyelidikan MH370. Pesan baru diketahui setelah Kementerian Transportasi Malaysia merilis semua rekam jejak percakapan antara menara pengawas dengan MH370 pekan ini.

Malaysia Airlines mencoba mengirimkan pesan ke MH370 via menara pengawas. Pesan ditujukan kepada pilot MH370, Kapten Zahaire Ahmad Shah.

Pesan itu seharusnya muncul di layar Control Display Unit (CDU). Karena tidak kunjung diterima, pesan dikirim tiga kali berturut-turut pada pukul 18:38, 18:40, dan 18:41. Menurut laporan media Daily Star, Sabtu (15/9), pesan terakhir itu tidak pernah tersampaikan.

Pesan yang coba dikirimkan itu bertuliskan: DEAR MH370. PLS ACK TEST MSG. RGDS/OC.

MH370 menghilang tanpa jejak pada 8 Maret 2014. Pesawat itu berisi total 239 penumpang dan kru, dalam perjalanan dari Kuala Lumpar ke Beijing. Para penyelidik menduga pesawat itu jatuh di Samudera Hindia.

Sebuah laporan resmi yang dirilis pada Juli mengungkapkan ada 221 kilogram baterai milik perusahaan Motorola. Tapi material ini tidak dipindai di bandara karena terlalu besar untuk lolos melalui mesin x-ray.

Laporan setebal 450 halaman juga menyatakan MH370 sempat melakukan manuver berbalik arah setelah lepas landas.

Penyidik memaparkan wacana kemungkinan pembajakan, tetapi tidak ada bukti psikologis atau kriminal untuk menyimpulkan salah satu kru dengan sengaja menabrakkan pesawat.

Tiga potongan puing yang diyakini berasal dari MH370 telah ditemukan di Tanzania dan selatan Afrika Selatan.

Selama ini, investigator telah mempertimbangkan lebih dari 60 teori tentang apa yang sebenarnya terjadi pada pesawat tersebut. (Medcom/OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More