Aksi Kartel Narkoba kian Mencemaskan

Penulis: Ant/I-3 Pada: Minggu, 16 Sep 2018, 23:00 WIB Internasional
Aksi Kartel Narkoba kian Mencemaskan

AFP/Alfredo ESTRELLA

LIMA orang tewas akibat baku tembak di pelataran musik terkenal Kota Meksiko. Hal itu diungkapkan pejabat setempat pada Sabtu (15/9).

Menurutnya, insiden tersebut merupakan rangkaian kejahatan di ibu kota negara itu. Aksi kriminal di Kota Meksiko tengah menguji kiat pemerintah dalam melawan kekerasan.

Di Plaza Garibaldi di pusat kota bersejarah Kota Meksiko, pada Jumat (14/9) malam, kelompok bersenjata melepaskan tembakan dengan menggunakan pistol dan senapan.

Menurut saksi mata, para pelaku berpakaian seperti pemusik rakyat Meksiko. Tembakan membabi buta itu melukai delapan orang, menewaskan tiga pria dan dua perempuan.

Seperti diketahui, kekerasan di Kota Meksiko melonjak sejak 2014. Diduga hal itu terkait dengan persaingan kubu kartel narkoba. Aparat Mexico City mencatat, pada tahun ini pembunuhan di kota itu merupakan yang tertinggi.

Untuk menciptakan suasana damai sepenuhnya kini menjadi tantangan besar bagi presiden mendatang Andres Manuel Lopez Obrador. Mantan Wali Kota Meksiko itu mulai menjabat sebagai presiden pada 1 Desember 2018. Dia optimistis siasat baru di bawah kendali wali kota mendatang, Claudia Sheinbaum, akan berhasil.

"Saya yakin mereka akan menyelesaikan masalah di Kota Meksiko. Sheinbaum akan memulihkan kedamaian," katanya. Hal utama yang akan dilakuan ialah membasmi korupsi di korps polisi dan menerapan perubahan peradilan ala Amerika Serikat.

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More