Ribuan Warga Serbu Lebaran Ikan di Desa Gemblegan

Penulis: Djoko Sardjono Pada: Minggu, 16 Sep 2018, 16:50 WIB Nusantara
Ribuan Warga Serbu Lebaran Ikan di Desa Gemblegan

Foto: Djoko Sardjono/koresponden

RIBUAN warga menyerbu kolam Desa Gemblegan, Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, untuk memanen ikan yang ditebar di kolam milik pemerintah desa tersebut, Minggu (16/9).

Lebaran ikan kali kelima tahun ini, dihadiri Sekretaris Daerah Jaka Sawaldi mewakili Bupati Klaten, anggota DPR RI Endang Srikarti Handayani, dan Yeni Wahid dari Wahid Foundation.

Kepala Desa Gemblegan, Purwanto, mengatakan untuk memeriahkan pesta ikan  yang menjadi ikon dan tradisi desa, panitia telah menabur ikan satu ton di kolam desa tersebut.

Bagi yang berhasil menangkap ikan yang diberi pita mendapat hadiah hiburan. Legislator Endang Srikarti Handayani, juga memberikan hadiah kepada penangkap ikan terbesar.

"Lebaran ikan sudah menjadi tradisi. Kali ini, dilaksanaan bersamaan dengan peresmian Patung Kedamaian, yang dibangun di kolam atas prakarsa Wahid Foundation," jelasnya.

Sementara itu, Yeni Wahid saat meresmikan Patung Kedamaian mengungkapkan, bahwa pembangunan patung setinggi enam meter itu diprakarsai Wahid Foundation.

Patung seorang perempuan membawa gentong (tempat air) tersebut, dibangun  pematung lokal, Urip Widyatmoko dan kawan-kawan, dengan biaya sekitar  Rp430 juta.

Menurut Yeni, Desa Gemblegan merupakan salah satu desa binaan Wahid Foundation. Terutama pembinaan dan pengembangan ekonomi masyarakat desa tersebut.

Desa Gemblegan memiliki sumber air potensial dan layak dikembangkan menjadi objek wisata air, sehingga ke depan objek wisata ini dapatmenarik banyak wisatawan.

"Dengan dikembangkannya objek wisata air, diharapkan akan menimbulkan multiplier effect, antara lain perekonomian dan taraf hidup masyarakat meningkat," kata Yeni. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More