Kebersamaan Kunci Sukses Pelayanan Haji

Penulis: Ade Alawi Pada: Minggu, 16 Sep 2018, 12:30 WIB Humaniora
Kebersamaan Kunci Sukses Pelayanan Haji

MI/Ade Alawi

KUNCI sukses pelayanan haji adalah kekompakan atau team work yang bagus di kalangan petugas haji Indonesia, bukan karena ada yang menonjol di antara sesama petugas haji.

Kepala Panitia Penyelengara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja Mekah Endang Jumali mengatakan hal itu dalam sambutannya pada Tasyakuran Pengantar Purnatugas yang digelar PPIH Arab Saudi 2018 Daker Mekah di Wisma Haji Al Mabrur, kawasan Syisyah, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (15/9) malam.

“Keberhasilan pelayanan terhadap jemaah haji bukan karena ada yang lebih pintar, lebih unggul atau lebih berpengalaman, melainkan karena kebersamaan,” kata Endang Jumali.

Pada acara itu hadir Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Khoirizi H Dasir, Ketua Muassasah Asia Tenggara Muhammad Amin bin Hasan Indragiri dan jajarannya, Staf Khusus Menteri Agama Hadi Rahman, Semua Kepala Bidang PPIH Arab Saudi, seluruh Kepala Sektor (11 Sektor dan Sektor Khusus Masjidil Haram), dan Petugas Haji yang tergabung dalam PPIH Arab Saudi 2018.

Endang mengapresiasi kerja keras petugas haji sehingga penyelenggaraan haji berjalan dengan baik dan sukses.

“Di saat orang lain mungkin sudah tertidur, di saat orang lain sedang mimpi indah, petugas haji masih bekerja di terminal-terminal. Ini menjadi bukti bahwa kita memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah haji,” ujar Endang yang disambut tepuk tangan meriah.

Dia mengucapkan selamat jalan kepada Petugas Haji yang akan pulang ke Tanah Air.

"Tidak lupa saya memohon maaf yang sebesar-besarnya, karena sebagai Kadaker tidak luput dari kesalahan. Tengah malam saya selalu me-whatsapps kepada semua sector agar focus kepada pekerjaannya. Mungkin ada perbedaan pendapat. Tetapi hal itu demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada jemaah," pintanya.

Endang mengharapkan keberangkatan 13 kloter terakhir atau 4.494 jemaah haji dari Mekah Al Mukarramah ke Madinah Al Munawwarah pada hari ini, Minggu (16/9), berjalan lancar.

Keberangkatan jemaah tersebut  menandai berakhirnya masa kerja Petugas Haji Indonesia di Kota Suci Mekah. Selanjutnya, Petugas Haji Daker Mekah akan pulang ke Tanah Air pada Senin (17/9).  

Dalam kesempatan ini pula, disalurkan bantuan yang berasal dari petugas dan jemaah haji untuk korban gempa bumi di NTB senilai Rp 3 milyar.

Selain itu, PPIH Arab Saudi memberikan penghargaan kepada maktab, akomodasi, katering dan transportasi yang tmemberikan pelayanan memuaskan.

Di samping itu, juga dilaunching lagu Petugas Haji 2018 yang ditulis dan dinyanyikan oleh Dodi Hidayatullah, Youtuber yang juga anggota Media Center Haji (MCH) Daker Mekah.

Total jumlah Petugas Haji Indonesia sebanyak 4.756 orang yang terdiri dari Kemenag 2.718 orang dan Kemenkes 2.038 orang. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More