Laptop Cantik nan Tangguh

Penulis: Rizky Noor Alam Pada: Sabtu, 15 Sep 2018, 07:00 WIB Teknologi
Laptop Cantik nan Tangguh

MI/RIZKY NOOR ALAM

BAGI profesional tentunya terbiasa bekerja menggunakan perangkat komputasi mobile, salah satunya laptop. Seiring perkembangan zaman dan tuntutan kebutuhan konsumen, laptop yang ringkas, ringan, dan berdesain modern seakan menjadi magnet tersendiri.

Keinginan konsumen itu dijawab HP dengan perangkat laptop terbaru mereka. Salah satunya laptop seri Spectre 13.

Spectre 13 memiliki desain cantik. Bodinya tipis dengan aura elegan nan mewah. Kesan elegan itu diperkuat dengan perpaduan warna hitam dan emas. Sentuhan warna emas tersebut berada di sisi kanan, depan, kiri perangkat, sisi belakang, serta bagian engsel yang menyatukan layar dengan kibor.

Warna emas itu pun menjadi ciri khas perangkat HP di varian Spectre. Layarnya amat ciamik selain jernih dan tampilannya mengkilat, bezelnya tipis sehingga menambah kesan premium pada laptop ini.

Keindahan lain dari perangkat ini ada di kibornya. Sepintas desainnya mirip dengan Imac karya Apple, terutama jika perangkat ini berwarna putih. Begitu digunakan mengetik, kibornya nyaman digunakan. Ditambah lagi kehadiran lampu di kibor saat digunakan, sehingga memancarkan sinar putih cukup membantu untuk mengetik dalam keadaan kurang pencahayaan.

Unik
Berbeda dengan laptop tipis lainnya, Anda tidak akan menemukan port atau tombol apa pun di sisi perangkat. HP memusatkan penempatan port di sisi belakang perangkat. Tombol daya untuk mengaktifkan dan menonaktifkan perangkat berada di bagian atas kibor dengan desain yang unik.

Lubang-lubang speaker-nya pun memiliki desain berbeda yaitu gabungan garing-garing yang membentuk pola segitiga. Speaker-nya pun spesial, speaker buatan Bang and Olufsen yang merupakan perusahaan elektronik papan atas asal Denmark yang khusus mendesain dan memproduksi produk-produk audio untuk perangkat elektronik. Suara yang dihasilkan melalui speaker tersebut tentunya jernih dan berkualitas.

Layout tombol kibor Spectre 13 hadir dengan jajaran tombol home, page up, page down, dan end di sisi sebelah kanan. Posisi tersebut memang berbeda dari biasanya sehingga butuh waktu untuk terbiasa.

HP tidak menyediakan tombol pengendali volume fisik dan memusatkan pengendalian tersebut pada tombol di atas tombol numerik pada kibor. Di sisi belakang, Anda akan menemukan jack audio di sudut sisi kiri dan tiga port USB tipe C di sudut sisi kanan.

Dari sisi konektivitas, HP mempersenjatai Spectre 13 dengan 3 port USB tipe C yang ketiganya mendukung fungsi pengisian daya. Selain itu laptop tipis tersebut juga memiliki jack audio 3,5mm. Namun, hanya 2 dari 3 USB tersebut yang mendukung fungsi USB thunderbolt. HP juga membekali perangkatnya dengan adapter USB tipe C ke tipe A pada kemasan penjualan Spectre 13.

HP tidak menyematkan dukungan slot card reader pada sisi bodi perangkat, sehingga Anda harus memanfaatkan card reader eksternal yang dapat dihubungkan pada perangkat via adapter USB.

Untuk konektivitas Wi-Fi nirkabel, Spectre 13 didukung adapter Intel Dual Band Wireless AC 8265.

Performa
Untuk performa, Spectre 13 bisa dibilang dapat diandalkan. Dilengkapi dengan chipset prosessor Intel Core i7-8550U, laptop ini mampu menyuguhkan performa baik selama penggunaan dalam aktivitas komputasi harian.

Dalam hal proses booting misalnya mampu dilakukan dalam waktu yang singkat, melakukan aktivitas lainnya seperti bermain gim, pengeditan foto, dan membuka banyak tab browsing dapat dilakukan dengan lancar minim gangguan lagging.

Layar Spectre 13 selain jernih dan tajam juga sudah mendukung kemampuan sentuh yang responsif. Kecerahan layarnya sendiri tidak membuat sakit mata dan nyaman untuk dipandang dalam waktu yang lama. Untuk touchpad-nya sendiri berdesain persegi panjang, terletak di bagian bawah kibor. Touchpad-nya nyaman digunakan karena responsif dan tidak licin.

Namun dari sisi baterai, Spectre 13 dapat dibilang cukup boros. Dalam sekali pengisian daya laptop tersebut mampu bertahan sekitar 3 jam saat dicoba digunakan melakukan aktivitas komputasi biasa seperti mengetik dan browsing.

Berdasarkan pengalaman Media Indonesia menjajal Spectre 13 dapat disimpulkan bahwa laptop tersebut memberikan pengalaman yang menyenangkan saat digunakan. Dari segi desain dan fitur yang ditawarkan sangat premium dan dapat menjadi prestis tersendiri bagi pemiliknya.

Bobotnya yang ringan dan ketangguhan prosesornya ialah nilai positif lainnya yang berhasil disematkan HP pada laptop tersebut. Namun, dari segi baterai, bisa dibilang sedikit mengecewakan daya tahannya karena cepat habis, bisa dimaklumi karena laptop tersebut dibekali berbagai fitur seperti layar sentuh beresolusi tinggi yang jernih yang tentunya menguras energi cukup banyak.

Harganya sendiri tidak murah, Spectre 13 dibanderol sekitar Rp24 jutaan, namun hal tersebut sebanding dengan berbagai fitur premium yang ditawarkan. (M-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More