Acara IMF, Bali Siapkan 33 Destinasi

Penulis: (OL/RS/LD/JL/N-3) Pada: Sabtu, 15 Sep 2018, 01:00 WIB Nusantara
Acara IMF, Bali Siapkan 33 Destinasi

AFP PHOTO / BRENDAN SMIALOWSKI

PEMERINTAH Provinsi Bali dan seluruh stakeholders pariwisata di daerah itu mempersiapkan secara khusus 33 destinasi wisata yang sudah terdata. Tujuannya menyambut para delegasi IMF dan World Bank yang akan digelar Oktober mendatang.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, AA Gede Yuniartha Putra, mengatakan dari 60 destinasi yang disiapkan untuk menghelat para tamu dari IMF dan World Bank, 33 destinasi berada di Bali.

“Dari 60 destinasi yang disiapkan untuk menyambut gelaran IMF dan World Bank, ada 33 destinasi di Bali. Sisanya ada di 10 destinasi lainnya, di Labuan Bajo, Lombok, Banyuwangi, Borobudur, Toba, Manado, dan sebagainya,” ujar Yuniartha di Denpasar,  Jumat (14/9).  .

Menurutnya, 33 destinasi yang ada di Bali itu tersebar secara merata di seluruh kabupaten, baik destinasi yang sudah dikenal publik maupun belum, antara lain Tanah Lot, Pura Ulun Danu, Seminyak, Kuta, Sanur, Nusa Dua, Desa Penglipuran, dan lainnya.

Menurut Yuniartha, jadwal sidang Annual Meeting IMF dan World Bank baru akan berlangsung mulai 8 Oktober sampai seminggu ke depannya. Namun, para peserta sudah mulai berdatangan pada akhir September.

Destinasi wisata lainnya yang juga menjadi andalan ialah Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur. Saat ini Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat tengah membangun proyek pembangunan dermaga kapal cruise, tepatnya di Loh Liang Komodo. Pembangunan dermaga ini kelanjutan dari kegiatan Sail Komodo pada 2013.

Kepala Taman Nasional Komodo, Budhy Kurnia, membenarkan hal itu. “Selama ini kapal cruise belum bisa bersandar, maka dibangun dermaga itu oleh Kementerian Perhubungan,” kata Budhy.

Pada bagian lain, pada Oktober mendatang wisatawan dari Singapura bisa terbang langsung ke Belitung. Wakil Gubernur Bangka Belitung, Abdul Fatah, mengatakan dengan dibukanya rute penerbangan internasional Tanjung Pandan-Singapura, para wisatawan dari Singapura bisa berkunjung ke ‘Negeri Laskar Pelangi’ sesering mungkin. Dalam sepekan penerbangan dari Tanjung Pandan-Singapura sebanyak tiga kali. Pembukaan rute ini untuk memaksimalkan kawasan ekonomi khusus Tanjung Kelayang. (OL/RS/LD/JL/N-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More