SBY Terlibat Century? Novanto: Nanti Saya Ungkap Semua di KPK

Penulis: M Taufan SP Bustan Pada: Jumat, 14 Sep 2018, 18:55 WIB Politik dan Hukum
SBY Terlibat Century? Novanto: Nanti Saya Ungkap Semua di KPK

MI/ BARY FATHAHILAH

TERPIDANA korupsi megaproyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-E) Setya Novanto mengaku memiliki bukti kuat untuk membantu penyidik KPK membongkar kasus Bank Century yang terjadi di zaman kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurutnya ada sejumlah nama yang punya peran dalam menetapkan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik serta berlanjut dengan pengucuran dana talangan untuk bank tersebut.

Namun Novanto hanya menyebutkan dua nama di masa itu. Mereka ialah Menteri Keuangan sekaligus Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) Sri Mulyani Indrawati dan Sekretaris KSSK Raden Pardede.

“Itu memang ada. Dipisahkan antara kebijakan yang hari Jumat, Sabtu, hingga Minggu, uang itu dikeluarkan. Nah itu kuncinya di situ," ungkapnya kepada sejumlah jurnalis seusai menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Jumat (14/9).

Saat ditanya apakah ada kemungkinan keterlibatan SBY, ia menambahkan, akan mengungkap semuanya jika dipanggil penyidik KPK nanti.

“Bukti saya sangat akurat. Belum bisa disampaikan di sini, nanti saya ungkap semuanya,” tegas Novanto.

Mantan Ketua DPP Partai Golkar itu menyebutkan, saat menjabat di DPR RI ia kebetulan menjadi ketua fraksi. Saat itu, Novanto menginstruksikan agar masalah Bank Century dituntaskan.

Oleh karena itu, mereka kemudian menunjuk Idrus Marham sebagai ketua pansus yang mengawal kasus tersebut. Bahkan, Novanto juga mengajak kepada sejumlah fraksi di DPR RI untuk memberikan suatu rekomendasi yang baik kepada penyidik KPK.

"Jadi kalau KPK memerlukan bantuan, saya sudah siap untuk membongkar kasus Bank Century," terangnya. "Saya punya data dan fakta akurat yang bisa saya berikan ke penyidik KPK."

Novanto menambahkan kasus Bank Century sebenarnya sudah sangat terang. Olah karena itu, ia sangat yakin penyidik KPK bisa dengan cepat menuntaskannya.

Terlebih saat itu ia sangat kooperatif dan selalu melakukan koordinasi dengan KPK agar kasus tersebut bisa dituntaskan. “Siapa yang terlibat, hampir semua orangnya ada kok. Kasus ini kan uratnya sudah kelihatan,” pungkasnya. (X-12)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/2) akan digelar debat kedua Pilpres 2019. Debat kali ini akan mengangkat tema energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kedua ini?





Berita Populer

Read More