Babak Baru Polemik Roy Suryo Versus Menpora

Penulis: Satria Sakti Utama Pada: Rabu, 12 Sep 2018, 20:05 WIB Politik dan Hukum
Babak Baru Polemik Roy Suryo Versus Menpora

ANTARA

POLEMIK aset negara yang terindikasi dibawa mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo memasuki babak baru.

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewa Broto telah menggelar pertemuan sekaligus mediasi dengan kuasa hukum Roy Suryo, Tigor Simatupang. Pertemuan tersebut berlangsung di kantor Kemenpora di Jakarta pada Rabu (12/8) pagi.

Proses mediasi ini menjadi jalan tengah yang ditempuh kedua belah pihak untuk segera menyelesaikan polemik yang terlanjur ramai menjadi perbincangan publik.

Sebelumnya Roy Suryo dikabarkan telah mengambil aset negara berjumlah 3.226 unit dengan nilai mencapai Rp8,51 miliar. Namun, belakangan Roy menyebut hal itu hanya politisasi semata dan sekedar fitnah belaka.

"Tadi hanya pertemuan awal saja, saya secara formal menjelaskan kronologi kejadiannya supaya pihak kuasa hukum punya gambaran utuh masalahnya seperti apa. Substansinya terpaksa tidak bisa saya jelaskan," kata Gatot dalam konferensi pers seusai pertemuan.

Gatot pun menegaskan bahwa kementerian yang saat ini dipimpin Imam Nahrawi menepis kabar adanya bumbu politisasi dalam hal ini. "Tidak ada masalah politik. Kami tidak ingin mencederai hal langsung atau tidak terkait aktivitas politik Pak Roy. Ini yang harus digarisbawahi," imbuhnya.

Pasca-pertemuan ini kedua belah pihak pun sepakat untuk saling berkomunikasi lebih intens melalui jalur formal, yakni surat menyurat. Pihak kuasa hukum Roy Suryo sejauh ini menuntut keterbukaan terkait barang apa saja yang disangkakan masih dibawa kliennya.

Terlebih Roy diketahui telah mengembalikan sebagian barang tersebut. Roy disebut melakukan pengembalikan bertahap sebanyak tiga kali pada 2016 yang total nilainya mencapai Rp500 juta. Hal itu diamini Kemenpora dan barang yang dimaksud berada di Bogor.

"Seperti yang disampaikan Pak Sesmen. Kita akan lakukan apa yang kita bicarakan tadi meminta secara tertulis," kata Tigor.

Pertemuan antara Kemenpora dan perwakilan Roy Suryo direncanakan akan berkelanjutan hingga permasalahan tuntas. Gatot menambahkan pihaknya tidak ingin permasalahan ini berlarut-larut karena fokus Kemenpora terkuras karena digelarnya Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 di Indonesia.

"Kami menanti korespodensi dari Pak Tigor dulu. Secepatnya kami akan jawab. Semisal perlu klarifikasi fisik (barang yang dikembalikan) pada pertemuan selanjutnya, jika diperlukan tidak menutup kemungkinan. Kalau main bola baru kick off, masih ada 2x45 menit lagi," kata Gatot.

Roy sendiri berhalangan hadir dalam mediasi dengan Kemenpora pada Rabu (12/9) pagi. Tigor menyebut bahwa kliennya tidak mendapatkan tiket perjalanan menggunakan pesawat terbang dari Yogyakarta menuju Jakarta.

"Hari ini tidak dapat tiket," kata Tigor. (X-12)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More