Impor Mobil Mewah Ditargetkan Menurun

Penulis: (Ant/S-2) Pada: Kamis, 13 Sep 2018, 01:15 WIB Otomotif
 Impor Mobil Mewah Ditargetkan Menurun

ANTARA FOTO/Andika Wahyu

KEMENTERIAN Perindustrian menargetkan impor otomotif dapat berkurang hingga US$700 juta pada 2018 dari rata-rata nilai impor kendaraan pada 2017 sebesar US$3,3 miliar.  

"Impor otomotif kami targetkan berkurang minimal US$700 juta," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika, di Jakarta, pekan lalu.

Pengurangan impor tersebut, terutama berasal dari kebijakan penghentian impor mobil di atas 3.000 cc yang dilakukan sejak dua bulan lalu, atau ketika nilai tukar rupiah mulai melemah. Saat ini kurs rupiah berkisar Rp14 ribuan per dolar AS.

Penghentian impor mobil mewah tersebut dilakukan untuk menjaga keseimbangan neraca perdagangan Indonesia. "Untuk menjaga balance trade kita. Jadi, impor mobil mewah untuk sementara dihentikan terlebih dahulu. Itu kan bukan kebutuhan pokok. Jadi, kalau mau butuh mobil, silakan gunakan yang diproduksi dalam negeri," ungkap Putu.
 
Sementara itu, untuk kedaraan di bawah 3.000 cc, Kemenperin akan melalukan pengendalian impor. Artinya, perizinan impor yang diajukan akan diteliti dan ditinjau lebih dalam  pihak Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (Ant/S-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More