LSI Denny JA: Enam Parpol Butuh Keajaiban Lolos ke Parlemen

Penulis: Akmal Fauzi Pada: Rabu, 12 Sep 2018, 16:20 WIB Politik dan Hukum
LSI Denny JA: Enam Parpol Butuh Keajaiban Lolos ke Parlemen

ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

ENAM partai politik (Parpol) yang berkontestasi di pemilu legislatif (pileg) 2019 dinilai membutuhkan keajaiban untuk lolos ambang batas parlemen (Parliamentary Threshold). 

Enam Parpol dimaksud adalah Partai Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Berkarya, Partai Garuda dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Hal tersebut tergambar dari survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada 12-19 Agustus 2018 melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error 2,9%. Survei melibatkan 1.200 responden yang diwawancara secara tatap muka menggunakan kuisoner.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, menyebut dari survei yang dilakukan enam partai politik itu kecil peluangnya untuk lolos Parliamentary Threshold 4% dan menempatkan wakilnya di parlemen

Ia menyebut elektabilitas keenam parpol itu di bawah 1%. Jika pun disimulasikan dengan menambah margin of error survei 2,9%, elektabilitas keenam parpol itu tetap tidak lolos Parliamentary Threshold.

"Butuh keajaiban dari keenam partai itu untuk bisa lolos Parliamentary Threshold Pemilu 2019," kata Adjie di kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (12/9)

Dari survei LSI Denny JA itu, elektabilitas Partai Hanura 0,6%, PBB 0,2%, PSI 0,2%, Partai Berkarya 0,1%, Partai Garuda 0,1% dan PKPI 0,1%. Adapun jumlah responden dalam survei itu sebanyak 1.200 orang. (OL-3)
 

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More