Putin: Korut Harus Diberi Jaminan Keamanan untuk Denuklirisasi

Penulis: Marcheilla Ariesta Pada: Rabu, 12 Sep 2018, 17:00 WIB Internasional
Putin: Korut Harus Diberi Jaminan Keamanan untuk Denuklirisasi

AFP/Kirill KUDRYAVTSEV

PROSES tengah dilakukan Korea Utara (Korut) untuk mencapai perdamaian di Semenanjung Korea. Presiden Rusia Vladimir Putin melihat hal tersebut dan mengatakan Korut harus mendapatkan imbalan dari langkah menuju denuklirisasi.

Menurut dia, imbalan yang tepat adalah jaminan keamanan.

"Korea Utara, sebagai imbalan atas denuklirisasi, harus mendapat semua jaminan keamanan yang dijanjikan. Kita menunggu sinyal tanggapan atas proses denuklirisasi ini," kata Putin dalam sebuah forum ekonomi di kota Vladivostok, Rusia, dikutip dari laman AFP, Rabu (12/9).

Pernyataan Putin tersebut jelas ditujukan kepada Amerika Serikat (AS). Pasalnya, Washington sempat mengatakan akan memberikan jaminan keamanan yang 'unik'.

Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. Dia menuturkan denuklirisasi penuh harus tercapai dan dilakukan secara transparan.

"Denuklirisasi yang menyeluruh, transparan, dan tegas adalah sesuatu yang bisa diterima oleh Amerika," kata Pompeo sehari sebelum pertemuan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-un di Singapura beberapa waktu lalu.

"Kami bakal mengambil kebijakan yang membuat mereka nyaman, sehingga mereka melihat bahwa denuklirisasi tidak selalu berakhir buruk," bebernya. (Medcom/OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More