Christoper/Aldila Kejar Peringkat untuk Ikut Olimpiade

Penulis: Budi Ernanto Pada: Selasa, 11 Sep 2018, 19:20 WIB Olahraga
Christoper/Aldila Kejar Peringkat untuk Ikut Olimpiade

ANTARA FOTO/INASGOC/Wahyu Putro A

MEDALI emas yang didapat pasangan ganda campuran Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadin dari Asian Games 2018 rupanya menjadi pendongkrak motivasi para petenis Indonesia untuk bisa ikut berprestasi. 

Mereka yang di bawah naungan Pelti pun diharapkan bisa menyumbangkan medali di ajang lainnya, tidak terkecuali OIimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

“Mereka yang turun di Asian Games sudah bersiap sejak lama, termasuk menjadikan Piala Davis sebagai masa pemanasan. Kami pun tidak ingin berhenti di Asian Games, akan berlanjut juga untuk SEA Games 2019 dan Olimpiade 2020,” kata pelatih tenis Indonesia Febi Widhiyanto kepada Media Indonesia, Selasa (11/9).

Untuk bisa terbang ke Tokyo, Febi mengatakan hal utama yang harus dilakukan, ialah Christopher dkk harus meningkatkan peringkat mereka untuk bisa lolos kualifikasi. 

Khusus kategori ganda campuran, jika Christoper/Aldila ingin bisa tampil di Tokyo, masing-masing harus bisa menjadi petenis dengan minimal rangking 56 dunia di sektor tunggal atau masuk 10 besar di sektor ganda.

Berdasarkan data yang dimiliki situs ATP World Tour, rangking terbaik Christopher, ialah 103 di sektor ganda putra. Rangking terbaik petenis yang kini berusia 28 tahun itu, ialah 96 pada Mei tahun ini. Sementara Aldila berdasarkan situs WTA Tennis, berada di peringkat ke-637 untuk kategori ganda putri.

“Supaya bisa ngejar peringkat, mudah-mudahan hasil dari Asian Games, jadi momentum supaya ada sponsor. Sudah ada sponsor yang lakukan pendekatan, tapi kami selektif ya. Karena kami inginnya bentuk dukungan jangka panjang. Biar anak-anak latihan tidak sementara saja,” tutur Febi.

Latihan jangka panjang pun oleh Febi didefinisikan dengan mengikuti turnamen secara berkala. Karena itu menurut dia lebih efektif dan bahkan ketimbang mendatangkan pelatih kelas dunia sekali pun. “Kalau mau naik level yang penting ikut turnamen. Kita juga harus tahu level turnamen yang diikuti,” pungkas Febi. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More