Sukses Layani Asian Games, LRT Kembali Layani Masyarakat

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Rabu, 05 Sep 2018, 11:25 WIB Nusantara
Sukses Layani Asian Games, LRT Kembali Layani Masyarakat

INASGOC/Septianda Perdana

PEMERINTAH berharap dengan kesuksesan penyelenggaran Asian Games 2018 yang didukung LRT Sumatra Selatan (Sumsel) akan semakin menumbuhkan minat masyarakat berpindah dari penggunaan kendaraan pribadi. Masyarakat hanya dikenakan tarif Rp5.000 untuk antarstasiun serta tarif Rp10.000 menuju Stasiun Bandara.

"LRT Sumatra Selatan, moda transportasi massal yang dibangun khusus untuk mendukung perhelatan Asian Games 2018 juga sukses dioperasikan selama perhelatan kegiatan tersebut. Berdasarkan data dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, tercatat ± 2.326 orang peserta Asian Games 2018 yang menggunakan LRT Sumsel selama Asian Games 2018 ini," terang Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri dalam keterangan resmi. Rabu (5/9)

Menurut dia, Direktorat Jenderal Perkeretaapian telag membuat kebijakan bahwa pada 16 Agustus hingga 2 September 2018 operasional LRT Sumsel ini diprioritaskan untuk mengangkut peserta Asian Games 2018. Selama berlakunya kebijakan tersebut, para seluruh penumpang LRT Sumsel tidak dipungut biaya alias gratis.

Dari hasil evaluasi sementara, kebijakan ini dinilai berjalan dengan baik serta secara konkret memberikan kontribusi positif terhadap kelancaran mobilisasi peserta Asian Games 2018. 

Adanya kendala yang terjadi pada LRT Sumsel di awal berlakunya kebijakan ini menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki layanan sehingga secara keseluruhan, operasional LRT Sumsel guna mendukung penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang berjalan dengan baik dan lancar.

"Ini sebuah kebanggan tersendiri bagi pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan dan para stakeholder yang juga turut berpartisipasi," jelasnya.

Ia menjelaskan, penyelenggaraan Asian Games 2018 telah selesai maka pemerintah memastikan bahwa operasional LRT Sumsel ini kembali berjalan seperti biasanya untuk melayani masyarakat di Wilayah Sumatera Selatan. 

Sebanyak 4 trainset LRT Sumsel siap melayani kebutuhan mobilitas masyarakat dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menuju Stasiun DJKA, melewati kawasan Jakabaring Sportcity begitupun sebaliknya.

"Masyarakat akan dikenakan tarif Rp5.000 untuk antarstasiun serta tarif Rp10.000 menuju Stasiun Bandara. Pemerintah berharap dengan kesuksesan penyelenggaran LRT Sumsel mendukung Asian Games 2018 ini, akan semakin menumbuhkan minat masyarakat di wilayah Sumatera Selatan untuk mau berpindah dari penggunaan kendaraan pribadi naik LRT," pungkasnya. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More