Jaring di Kali Item tidak akan Dicopot

Penulis: Nur Azizah Pada: Senin, 03 Sep 2018, 12:23 WIB Megapolitan
Jaring di Kali Item tidak akan Dicopot

MI/Haufan Hasyim Salengke

DINAS Sumber Daya Air DKI Jakarta bakal melanjutkan pemasangan waring di Kali Item (Kali Sentiong), Jakarta Pusat. Pemasangan waring akan berlanjut hingga pergelaran Asian Para Games 2018.

"Sampai sekarang belum ada arahan dari Pak Gubernur (untuk mencopot). Jadi, ini akan berlangsung sampai Asian Paragames," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Teguh Hendarwan di Jakarta, Senin (3/9).

Selain waring, nano bubble juga akan dipasang sampai berakhirnya Asian Paragames, 13 Oktober 2018. Nano Bubble dan waring dipasang sekitar Juli lalu untuk menghilangkan bau tidak sedap yang ditimbulkan Kali Item.

Teguh belum bisa memastikan dua alat itu akan dipasang seterusnya atau tidak. Hasil pemasangan waring dan nano bubble harus dievaluasi terlebih dahulu.

"Nanti dievaluasi dulu untuk memastikan ini dilanjutkan atau tidak," pungkas dia.

Pemasangan waring menghabiskan biaya Rp580,8 juta. Pengadaan itu menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 yang berada di pos Dinas SDA.

Pembelian jaring untuk Kali Item dibagi menjadi tiga tahap. Pertama, pembelian sepanjang 240 meter dengan nilai Rp192,2 juta. Kedua, pembelian sepanjang 240 meter dengan nilai yang sama. Lalu, pembelian ketiga sepanjang 246 meter senilai Rp196,36 juta.

Sementara pemasangan nano bubble dinyatakan berhasil mengurangi bau got di kali Item.

Berdasarkan uji sampel yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup, setelah pemasangan nano bubble dan aerator, ada penurunan kadar biochemical oxygen demand, chemical oxygen demand, hidrogen sulfida di Kali Item. Unsur-unsur tersebutlah yang memicu munculnya bau busuk di Kali Item. (Medcom/OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Minggu (17/3) digelar debat ketiga Pilpres 2019. Debat kali ini diikuti oleh Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Sandiaga Salahudin Uno. Debat ini akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Menurut Anda siapa yang akan unggul dalam debat kali ini?





Berita Populer

Read More