Lindswell Diharap Raih Emas

Penulis: Budi Ernanto Pada: Senin, 20 Agu 2018, 03:00 WIB Olahraga
Lindswell Diharap Raih Emas

ANTARA FOTO/NASGOC/Ismar Patrizki

INDONESIA secara mengejutkan dapat meraih satu medali perak dari cabang wushu nomor changquan di multiajang Asian Games 2018 melalui atlet muda Marvelo Edgar Xavier.

Marvelo, 19, tampil luar biasa di nomor changquang putra pada laga pembuka perebutan medali emas wushu yang berlangsung Minggu  (19/8).

Pada hari ini, Indonesia diharapkan kembali merebut medali dari cabang wushu, bukan hanya perak, melainkan juga medali. Harapan medali tersebut diharapkan dari atlet wushu putri andalan Indonesia Lindswell Kwok di nomor taijiquan dan taijijian dalam laga Asian Games 2018.

Pada babak penyisihan wushu nomor taijiquan di GOR JI Expo, Kemayoran, Jakarta, kemarin. Lindswell tempil gemilang.

“Saya baru menyelesaikan babak penyisihan. Semua lawan berat, terutama pewushu dari Hong Kong, Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam, dan juga Jepang. Mereka bagus-bagus penampilannya,” ujar Lindswell.

Saat ditanya tentang peluangnya di hari kedua hari ini, Lindswell berharap dirinya bisa tampil lebih bagus. “Di babak penyisihan, saya bertanding dengan sedikit grogi dan agak gugup,” harap peraih medali emas Asian Games 2014 Incheon itu.

Mengenai peluang meraih emas dari nomor taijiquan dan taijijian, pelatih kepala cabang wushu Novyanti mengungkapkan optimistismenya bahwa anak asuhnya mampu mempersembahkan medali emas di nomor itu.

Berdasarkan hasil sementara nomor taijiquan putri, Lindswell berada di posisi puncak dengan raihan 9,75 poin. Andalan Indonesia itu diikuti Uen Ying Juanita Mok (Hong Kong) 9,71 poin, dan Basma Lachkar (Brunei) 9,68 poin. Untuk nomor taijijian, perebutan medali emas dilakukan tanpa melalui babak penyisihan.

Bonus sedang dipikirkan
Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto mengaku puas atas capaian yang ditorehkan Edgar yang meraih medali perak di nomor changquan putra.

“Alhamdulillah perolehan meda­li perak yang diraih Edgar ialah medali pertama untuk kontingen Indonesia. Mudah-mudahan perolehan medali terus bertambah dari wushu,” kata Airlangga di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Minggu.

Dia mengaku bangga atas semangat yang ditunjukkan para atlet wushu Indonesia yang bermain lepas tanpa beban dalam ajang Asian Games 2018.

Menurut Airlangga, terkait dengan bonus yang akan diberikan, PB WI sedang memikirkan itu karena bonus mobil dipersiapkan untuk atlet peraih medali emas. “Kami siapkan hadiah mobil untuk peraih medali emas. Untuk perak, akan kami carikan,” ujarnya.
Dalam pertandingan cabang wushu di Asian Games 2018, kemarin, hadir Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Sri Mulyani datang langsung untuk memberikan dukungan kepada para atlet wushu ‘Merah Putih’.  Sekitar pukul 09.48 WIB, kemarin, Menkeu hadir dan duduk di bangku VIP. Dengan mengenakan blus hitam dan celana berwarna cokelat muda, penampilan Sri Mulyani terlihat kasual.

Saat menyaksikan pertandingan wushu nomor putri taijiquan, Sri Mulyani terlihat fokus memperhatikan satu per satu gerakan para atlet wushu. (Ant/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

BEBERAPA waktu lalu, nama Bung Hatta kembali ramai dibicarakan publik. Berawal dari pernyataan Koordinator Juru Bicara Prabowo Subianto, Dahnil Anzar, di sebuah video yang mengatakan kalau cawapresnya, Sandiaga Uno adalah sosok baru dari Bung Hatta. Hal itu langsung menuai keberatan dari cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta. Sebelumnya, kubu Prabowo-Sandiaga juga sempat menyandingkan nama pahlawan seperti Cut Nyak Dien dan Kartini dengan Ratna Sarumpaet dan Neno Warisman. Setujukah Anda apabila pahlawan dijadikan komoditas politik guna meraih simpati masyarakat?





Berita Populer

Read More