SDA Harus Jadi Modal Pembangunan

Penulis: (Cah/E-2) Pada: Senin, 20 Agu 2018, 02:00 WIB Ekonomi
SDA Harus Jadi Modal Pembangunan

MI/PANCA SYURKANI

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengatakan fokus pemanfaatan sumber daya alam mesti digunakan sebagai modal pembangunan tidak hanya sebagai komoditas. “Zaman dulu, mungkin kebalik, karena dalam negeri kebutuhannya rendah,” ujar Jonan, dalam keterangan resminya, Minggu  (19/8).

Kementerian ESDM, kata Jonan, berperan menjadikan sumber daya alam sebagai motor pembangunan bagi daerah melalui hilirisasi, sehingga akan meningkatkan nilai jual dari produk tambang. “Di Undang-Undang Mineral dan Batu Bara, kita itu menerapkan hilirisasi supaya pengolahan bisa dilakukan di dalam negeri,” katanya.

Undang-undang yang dimaksud ialah UU Nomor 4/2009 tentang Pertambang-an Mineral dan Batu Bara. UU tersebut mensyaratkan pengelolaan mineral tidak boleh dilakukan hanya dengan mengekspor bahan mentah, tetapi harus diolah di dalam negeri sehingga memberikan nilai tambah ekonomi bagi negara, pengelolaan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat. (Cah/E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More