SDA Harus Jadi Modal Pembangunan

Penulis: (Cah/E-2) Pada: Senin, 20 Agu 2018, 02:00 WIB Ekonomi
SDA Harus Jadi Modal Pembangunan

MI/PANCA SYURKANI

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengatakan fokus pemanfaatan sumber daya alam mesti digunakan sebagai modal pembangunan tidak hanya sebagai komoditas. “Zaman dulu, mungkin kebalik, karena dalam negeri kebutuhannya rendah,” ujar Jonan, dalam keterangan resminya, Minggu  (19/8).

Kementerian ESDM, kata Jonan, berperan menjadikan sumber daya alam sebagai motor pembangunan bagi daerah melalui hilirisasi, sehingga akan meningkatkan nilai jual dari produk tambang. “Di Undang-Undang Mineral dan Batu Bara, kita itu menerapkan hilirisasi supaya pengolahan bisa dilakukan di dalam negeri,” katanya.

Undang-undang yang dimaksud ialah UU Nomor 4/2009 tentang Pertambang-an Mineral dan Batu Bara. UU tersebut mensyaratkan pengelolaan mineral tidak boleh dilakukan hanya dengan mengekspor bahan mentah, tetapi harus diolah di dalam negeri sehingga memberikan nilai tambah ekonomi bagi negara, pengelolaan lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat. (Cah/E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More