BRI Kucurkan KUR Rp1,7 Triliun

Penulis: ”(E-3) Pada: Senin, 20 Agu 2018, 01:15 WIB Ekonomi
BRI Kucurkan KUR Rp1,7 Triliun

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

PT Bank Rakyat Indonesia (Bank BRI) Tbk terus mendukung pertumbuhan ekonomi pada sejumlah daerah khususnya daerah yang memiliki prospek kegiatan ekonomi yang pesat.

Dukungan tersebut antara lain diberikan pada provinsi Sulawesi Barat khususnya di Kabupaten Mamuju. Di daerah yang berpotensi besar dalam perikanan, perkebunan kakao dan sawit, serta pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tersebut, Bank BRI mengucurkan kredit usaha rakyat (KUR) yang begitu besar.

“Di Mamuju ini, kami sudah menyalurkan KUR sebesar Rp1,7 triliun untuk sekitar 71 ribu debitur. Kebanyakan debitur kami ialah UMKM,” ungkap Pimpinan Wilayah BRI Makassar Agus Suprihanto, seusai membuka Pameran Hasil Produksi UMKM yang diselenggarakan Bank BRI sebagai salah satu program BUMN Hadir untuk Negeri, di Anjungan Pantai Manakarra, Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (18/8).

Ia menyampaikan sejumlah produk unggulan di Mamuju ialah produk-produk ekspor seperti sawit dan kakao. Dengan bantuan pengucuran KUR ke UMKM yang bergerak pada produk-produk ekspor, diharapkan bisa meningkatkan pangsa pasar komoditas ini. “Dengan begitu, saya yakin, devisa negara juga akan terus mengalir ke Mamuju,” tutur Agus.

Direktur Keuangan Bank BRI Haru Koesmahargyo menambahkan selain dengan pengucuran KUR, Bank BRI pun mendukung pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Barat dengan membuka tiga kantor cabang di tiga daerah.

“Untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Barat, kami pun sudah membuka tiga kantor cabang yakni Majene, Polewali Mandar, dan Mamuju. Keberadaan ketiganya juga diperkuat dengan pendirian 30 kantor unit,” tutur Haru.

Haru menerangkan potensi serta pertumbuhan wilayah di Sulawesi Barat, khususnya Mamuju, masih sangat besar karena pesatnya peningkatan pasar UMKM. Seperti rata-rata nasional daerah lain di Indonesia, pertumbuhan ekonomi di Mamuju kini tumbuh 2,5% per tahun. Karena itu, BRI terus berencana mengembangkan sayap dengan membuka kantor cabang dan kantor unit. “BRI juga akan terus berusaha melakukan penguatan usaha di Sulawesi Barat. Kami mengupayakan peningkatan dana pihak ketiga, khususnya dari nasabah UKM, pertanian, perkebunan, dan perdagangan.”(E-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More