BTN Siap Ekspansi ke Wilayah Bengkulu

Penulis: Raja Suhud Pada: Senin, 20 Agu 2018, 01:00 WIB Ekonomi
BTN Siap Ekspansi ke Wilayah Bengkulu

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) siap berekspansi di provinsi Bengkulu seiring pertumbuhan ekonomi yang mulai menggeliat di daerah tersebut. Permintaan kredit perumahan rakyat (KPR) subsidi di Bengkulu juga mengalami pertumbuhan yang signifikan.

“Bengkulu merupakan daerah terpencil dibandingkan dengan daerah-daerah lain di Sumatra. Namun, Bank BTN tidak melihat itu, kita melihat potensi ekonomi di sini menunjukkan adanya pertumbuhan yang sangat baik, dilihat dari permintaan perumahan khususnya KPR Subsidi yang luar biasa, sehingga ini menjadi hal yang utama bagi BTN,” ujar Direktur Utama BTN Maryono seusai menjadi inspektur upacara HUT Ke-73 Kemerdekaan RI di Bengkulu, Jumat (17/8).

Maryono menjelaskan, permintaan KPR subsidi mayoritas datang dari pegawai negeri sipil (PNS) dan pekerja informal. Untuk penyediaan KPR subsidi ini, selain bekerja sama dengan pemerintah daerah, rencananya BTN juga  menggandeng kepolisian. “Dalam waktu dekat kerja sama dengan Polri untuk penyediaan rumah bagi aparat kepolisian di daerah Bengkulu,” katanya.

Sementara itu, Deputi bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno menuturkan di Bengkulu ada 17 BUMN, namun skalanya masih kecil dan belum berkembang. Tahun lalu Menteri BUMN Rini Soemarno mengajak dirut BUMN ke daerah ini untuk melihat potensi yang bisa dikembangkan. “BUMN melihat potensi Bengkulu antara lain pelabuhan dan kini sedang dikaji jalur kereta api dari Sumatra Selatan langsung ke Bengkulu,” jelas Fajar.

Lebih lanjut Maryono menjelaskan, untuk peringatan HUT RI ke-73 tahun ini, BTN mendapatkan penugasan di Bengkulu. Tempat ini dinilai istimewa karena memiliki jejak sejarah yang kental dengan perjuangan kemerdekaan. Terlebih acara peringatan HUT RI dipusatkan di Rumah Pengasingan Bung Karno.

“Jadi memang yang memilih Bengkulu ini adalah BUMN, dua kali kita mendapatkan tempat yang sangat  bersejarah dalam pelaksaan HUT RI yaitu Gorontalo tempat pertama Bung Karno mendarat di  Sulawesi yaitu Danau Limboto dan di Bengkulu yang merupakan tempat pe-ngasingan Bung Karno,” tegasnya.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan di Bengkulu sebagai rangkaian kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri. Sebelumnya sudah dilakukan kegiatan Siswa ­Mengenal Nusantara (SMN)  yang telah mengirimkan sekitar 20 siswa terpilih di Provinsi Bengkulu ke Mamuju, Sulawesi Barat.  Sekarang mereka sudah kembali ke Bengkulu dan diharapkan dapat membagi pengalaman ke teman-temannya sebagai bagian mengajak mereka cinta Tanah Air.

Kegiatan lainnya ialah bantuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat seperti, pengembangan pendidikan sekolah dasar melalui pembangunan taman bacaan, renovasi sekolah, pemberian beasiswa, elektrifikasi, perbaikan sarana, dan prasarana umum.
Bantuan sarana dan prasarana umum lebih diarahkan untuk pemeliharaan rumah pengasingan Bung Karno.

“Setidaknya hampir Rp2 miliar sudah kita siapkan untuk membantu sebagai kegiatan sosial BTN seperti yang sudah disebutkan yang dapat dilakukan perseroan di Provinsi Bengkulu,” kata Maryono.

Sebagai puncak kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Bengkulu, BTN mengajak masyarakat mengikuti kegiatan jalan santai atau funwalk keliling Kota Bengkulu pada Sabtu (18/8). Pada saat yang sama juga disiapkan pasar murah untuk warga masyarakat yang kurang mampu. Setidaknya 500 paket sembako telah disiapkan Bank BTN untuk membantu masyarakat Bengkulu.(E-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More