Tulus Air Mata saat Pembukaan Asian Games

Penulis: Indriyani Astuti Pada: Senin, 20 Agu 2018, 00:45 WIB Hiburan
Tulus  Air Mata saat Pembukaan Asian Games

MI/AGUNG SASTRO

PENYANYI sekaligus pencipta lagu, Muhammad Tulus, 30, menjadi salah satu dari sekian banyak penyanyi yang terpilih untuk tampil di acara opening ceremony Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8).
Dia juga dipercaya untuk memimpin seisi stadion melantunkan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Lagu kebangsaan ini dibuat sangat syahdu dengan alunan musik dari Purwacaraka Orchestra and Choir di seremoni Asian Games 2018 tersebut.

Tulus mengaku sangat terharu ketika menyanyikan lagu tersebut di hadapan ribuan orang yang hadir. Di antara tamu kehormatan, Presiden Joko Widodo juga turut membuka Asian Games 2018. Tulus menuturkan dirinya menitikkan air mata di pengujung lagu.

"Di pengujung lagu, air mata saya jatuh. Amat sangat haru berdiri di depan bahana ribuan suara Indonesia yang melantangkan syair yang sama di hadapan tamu dari 45 negara," ujar Tulus seperti dikutip Media Indonesia dalam akun Instagram pribadi Tulus @tulusm.

Ia berharap rasa nasionalisme bangsa Indonesia bisa mencapai titik terbaik pada saat perayaan akbar pembukaan pesta olahraga terbesar kedua di dunia, Asian Games 2018. "Jayalah terus negeriku tercinta. Tanah lahir, kebangsaanku, Indonesia!" tulisnya.
Pria yang juga pecinta gajah itu sempat mengunggah foto di bawah panggung sesaat sebelum bernyanyi di panggung. Unggahan foto itu mendapatkan respons dari banyak pengikutnya di Instagram.

"Beberapa saat sebelum memulai tugas besar. Indonesia Raya! Jiwa saya masih bergetar sampai saat ini mendengar puluhan ribu dari kita bernyanyi di depan banyak bangsa. Bangga Indonesia. Bangsaku, tanah lahirku tercinta," tulis pria kelahiran Bukittinggi, Sumatra Barat, Indonesia, 20 Agustus 1987 itu.

Beberapa waktu lalu, pria lulusan arsitekur dari Universitas Katolik Parahyangan itu menyampaikan bahwa ia mempersiapkan diri sengan serius dan berlatih sekaligus menyiapkan mental dengan maksimal. Tulus menuturkan dia berlatih selama beberapa minggu. "Bernyanyi di depan 15 ribu orang. Coba, deh," ujar Tulus di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Prambanan Jazz Festival
Tulus juga tampil di Prambanan Jazz Festival yang digelar 17-19 Agustus 2018. Tulus tampil di hari terakhir. Tampil di Prambanan Jazz selalu membuatnya bangga. "Saya selalu bangga. Ini bukan kali pertama, kehormatan buat saya bernyanyi dengan latar warisan budaya Indonesia bangga sekali."

Dia juga telah mempersiapkan sekitar 10 lagu untuk dinyanyikan. "Mungkin sekitar 45 menit, saya mempersiapkan lagu sekitar 10 lagu, tetapi nanti menyesuaikan," katanya sebelum pentas.

Tahun ini dia pun membuat konsep penampilan yang berbeda. Dia ingin mengajak semua penonton Prambanan Jazz Festival ikut bernyanyi. "Saya ingin semua bernyanyi." (H-5)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More