Tidak Boleh Ada Penampungan Hewan Kurban di Jalan Matraman

Penulis: Haufan Hasyim Salengke Pada: Minggu, 19 Agu 2018, 16:45 WIB Megapolitan
Tidak Boleh Ada Penampungan Hewan Kurban di Jalan Matraman

MI/RAMDANI

MASYARAKAT tidak diperbolehkan menampung dan memotong hewan kurban di jalan-jalan protokol wilayah Mataraman, Jakarta Timur. Tujuannya untuk mencegah timbulnya kesemrawutan dan ketidaktertiban, terutama selama perhelatan Asian Games 2018.

Camat Matraman Achmad Salahudin mengatakan ia sudah mengeluarkan kebijakan khusus terkait larangan itu. Dalam surat edaran yang ia sampaikan kepada para lurah di Mataraman, jalan yang terkena aturan tersebut yakni Jl Ahmad Yani dan Jl Pramuka.

"Di jalan-jalan protokol tersebut tidak diperkenankan ada penampungan dan pemotongan hewan. Karena jalan-jalan itu lintasan sehinga khawatir nanti kesannya buruk, jelek, tidak tertib, kotor, dan sebagainya," ujar Salahudin kepada Media Indonesia di daerah Kayu Manis, Minggu (19/8).

Dalam penerapannya di lapangan, ia mengaku ada satu-dua pihak yang melanggar aturan itu dengan memanfaatkan kelengahan aparat. Namun, ia menegaskan pihak mereka langsung melakukan penertiban.

Di samping itu, kata dia, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan kebijakan larangan pemotongan hewan kurban saat Idul Adha di dekat lokasi arena berkuda atau equestrian untuk Asian Games di Pulomas, Jakarta Timur.

Kebijakan itu mengatur tidak boleh ada kegiatan penampungan dan pemotongan hewan kurban pada radius 1 km dari venue Asian Games yang ada di Pulomas. Pelarangan itu untuk menghindarkan kuda pacuan dari penyakit.

"Nah, wilayah Matraman ini lebih dari 1 km radiusnya," kata Salahudin.

Untuk masalah kesehatan hewan kurban, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) telah melakukan pengecekan dan pemeriksaan hewan di tempat-tempat penampungan yang dirokemendasikan.

Terlepas telah ada aturan dan ketentuan bahwa hewan-hewan yang masuk ke Jakarta harus memiliki surat keterangan kesehatan hewan, kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan di tempat-tempat penampungan tetap menjadi prioritas.

Untuk sementara ini, kata dia, pihak-pihak terkait belum menemukan ada hewan kurban yang sakit atau memiliki penyakit di lingkungan Matraman.

Sejalan dengan kegiatan Hari Raya Idul Adha, Salahudin berharap masyarakat untuk selalu memerhatikan aspek kesehatan hewan kurban. Warga juga diimbau untuk menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan saat melakukan kegiatan pemotongan baik di lapangan terbuka, masjid-masjid, atau sekolah.

"Harus dilakukan dengan profesional dan pendistribusian supaya diatur dengan baik agar adil dan tepat sasaran. Dan jangan sampai menimbulkan kegaduhan pada saat pembagian daging kurban," ujarnya.

"Karena itu saya imbau agar pihak terkait selalu berkoordinasi dengan unsur kepolisian, Satpol PP, dan sebagainya. Kita akan memfasilitasi yang penting ada informasi yang diberikan kepada kita," pungkasnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More