Bocah Pemanjat Tiang Bendera Mendapat Prioritas Masuk Militer

Penulis: Golda Eksa Pada: Sabtu, 18 Agu 2018, 16:25 WIB Politik dan Hukum
Bocah Pemanjat Tiang Bendera Mendapat Prioritas Masuk Militer

Metro TV

APRESIASI kepada Johannes Adekalla, bocah pemanjat tiang bendera saat upacara HUT RI ke-73 di Pantai Motaain, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, terus mengalir. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pun menggaransi bakal memberikan prioritas apabila pelajar SMP itu berniat masuk militer.

"Panglima TNI memberikan apresiasi berupa beasiswa atas keberanian dan aksi heroik Johannes Adekalla, sehingga bendera merah putih dapat dikibarkan dalam upacara tersebut," ujar Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen M Sabrar Fadhilah melalui keterangan tertulis, Sabtu (18/8).

Menurut dia, spontanitas siswa Kelas VII SMPN Silawan, itu ketika memanjat tiang bendera lantaran tali pengait bendera putus hingga tersangkut di ujung tiang, sangat luar biasa dan dapat menggugah rasa nasionalisme warga bangsa lainnya.

Panglima TNI, sambung dia, menegaskan bakal memberikan penghargaan berupa beasiswa hingga Johannes lulus SMA. "Bahkan, setelah lulus SMA akan mendapat prioritas apabila ingin menjadi prajurit TNI," ujarnya.

Ia mengemukakan, saat ini banyak masyarakat yang menyaksikan aksi heroik sang bocah melalui rekaman audio visual di sejumlah aplikasi percakapan dan media sosial, merasa terharu dan meneteskan air mata.

"Disaat semua orang kebingungan karena kejadian tersebut, muncul dari barisan anak berpakaian seragam SMP tanpa ada yang menyuruhnya dengan gagah berani tanpa rasa takut langsung memanjat tiang bendera," tambah Sabar.

Panglima TNI juga memberikan penghargaan kepada Serma Timbul Prawoto, anggota Babinsa Koramil 20/Cawas, Klaten, Jawa Tengah, yang kebetulan melakukan aksi seperti Johannes. Kala itu proses pengibaran bendera yang awalnya berjalan lancar tiba-tiba terkendala karena cincin pengait bendera terputus.

Walhasil, Serma Timbul yang kebetulan bertugas sebagai perwira upacara HUT RI ke-73 bergegas memanjat tiang bendera setinggi sembilan meter untuk meraih tali yang terlepas.

"Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyampaikan apresiasi dan terima kasih, serta rasa bangga kepada Serma Timbul Prawoto. Itu merupakan naluri dan aksi heroik sebagai seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia," tandasnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More