Kemendikbud Gelar Pameran Sejarah Asian Games

Penulis: Dhika Kusuma Winata Pada: Sabtu, 18 Agu 2018, 15:50 WIB Humaniora
Kemendikbud Gelar Pameran Sejarah Asian Games

MI/Dhika Kusuma Winata
Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid, berkeliling melihat koleksi foto dan memorabilia pameran sejarah Asian Games yang digelar di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar pameran sejarah Asian Games 2018 di Museum Nasional, Jakarta. Pameran bertajuk Olahraga dan Pembangunan Etos Kerja itu menghadirkan berbagai koleksi foto, video sejarah dokumenter, dan memorabilia Asian Games ke-IV yang digelar di Jakarta, 1962 silam.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid menyatakan penyelenggaraan Asian Games untuk kedua kalinya di Indonesia pada tahun ini menjadi momen penting dalam membangun etos kerja masyarakat Indonesia.

"Asian Games ini bukan hanya sebuah peristiwa olahraga tetapi juga bentuk unjuk kemampuan menyelenggarakan perhelatan internasional. Kekompakan semua elemen masyarakat adalah kunci keberhasilan penyelenggaraan dan juga prestasi para atlet," ungkapnya, Sabtu (18/8),

Melalui penyelenggaraan Asian Games 2018, menurut Hilmar, terjadi dorongan besar untuk pembangunan secara fisik. Di saat yang sama, lanjutnya, bangsa Indonesia juga sedang berproses membangun budaya baru.

"Bung Karno dulu fokusnya kepada nation building. Bagaimana untuk mempersatukan orang Indonesia dalam sebuah gawe raksasa bernama Asian Games. Memang betul-betul ujian kemampuan. Pekerjaan raksasa ini hanya mungkin jika didukung kebudayaan masyarakat yang solid," jelasnya.

Direktur Sejarah Kemendikbud Triana Wulandari mengungkapkan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya nilai-nilai sejarah dan semangat nasionalisme perlu ditumbuhkan kepada generasi muda. Melalui pameran momen kejayaan Asian Games tahun 1962, lanjutnua, Kemendikbud ingin memantik kesadaran publik untuk turut serta dalam pembangunan bangsa.

"Kegiatan ini adalah langkah kita meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan juga wawasan sejarah masyarakat dalam konteks karakter kebangsaan," katanya.

Selain di Museum Nasional, pameran sejarah Asian Games juga digelar di Plaza Insan Berprestasi kantor Kemendikbud, Jakarta. Pameran dibuka untuk umum sampai dengan 28 Agustus mendatang dengan jam buka pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More