Kado Indah Timnas U-23 di Hari Kemerdekaan

Penulis: Satria Sakti Utama Pada: Sabtu, 18 Agu 2018, 00:05 WIB Sepak Bola
Kado Indah Timnas U-23 di Hari Kemerdekaan

AFP/Arief Bagus

HARAPAN tim nasional (timnas) sepak bola putra Indonesia U-23 mengemas kado manis untuk hari jadi Republik Indonesia yang ke-73 akhirnya terwujud. Hansamu Yama Pranata dkk sukses meraih kemenangan telak 3-0 atas Laos pada babak penyisihan Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (17/8) malam.

Selain itu, tiga poin dalam laga ini membuat kans Indonesia lolos ke babak 16 besar terus terbuka. Indonesia saat ini duduk di posisi ketiga Grup A dengan koleksi enam poin.

Mereka akan melakoni laga 'hidup-mati' kontra Hong Kong di partai pamungkas untuk memastikan satu tiket langsung ke babak 16 besar.

"Saya senang karena pendukung kami juga senang. Ini hari ulang tahun Indonesia dan saya harap kemenangan ini menjadi kado untuk negara ini," kataPelatih Timnas Indonesia Luis Milla Aspas seusai pertandingan.

Pentingnya raihan poin penuh membuat Milla menerapkan skema ofensif sejak menit pertama pertandingan. Gelandang tengah Hargianto diistirahatkan dan digantikan Evan Dimas yang lebih aktif membantu serangan. Hal ini membuat playmaker Stefano Lilipaly lebih fokus mencari celah di pertahanan lawan. Selain itu, penyerang senior Alberto Goncalves yang tak sempat bermain dipartai sebelumnya turut dimainkan.

Pilihan strategi ini membuat Indonesia menguasai sepenuhnya pertandingan. Mereka menguasai 68% penguasaan bola dengan 25 kali percobaan mencetak gol. Sementara Laos dipaksa lebih banyak bermain di area sendirisepanjang pertandingan.

Hansamu Yama Pranata dan kawan-kawan tidak menunggu terlalu lama untuk memecah kebuntuan. Diawali akselerasi Saddil Ramdani di sisi kanan, winger Persela Lamongan ini berhasil memberikan umpan cut back yang dikonversi dengan sempurna oleh Beto, sapaan Alberto.

Di babak kedua, 'Garuda Muda'--julukan Indonesia-- langsung tancap gas. Mereka sukses menambah kedudukan selang dua menit keluar dari ruang ganti. Beto lagi-lagi mencatatkan namanya setelah menerima umpan back heel Lilipaly.

Kedigdayaan Indonesia di hadapan Laos semakin memuncak di menit ke-75. Indonesia menciptakan gol ketiga berkat kerja sama apik dua palang pintu lini belakang. Sundulan kapten tim Hansamu memanfaatkan umpan dari sisi kiri lapangan mengarah langsung. Bola pun langsung dilesatkan Ricky Fajrin yang kebetulan berdiri di depan mulut gawang Laos.

Kekalahan ini membuat Thim Xad--julukan Laos-- gagal lolos ke babak selanjutnya karena menelan tiga kekalahan beruntun. Namun, pelatih Laos Mike Wong tak lantas meratapi nasibnya. Menurutnya tampil di Asian Games 2018 merupakan pembelajaran yang baik bagi timnya.

Palestina lolos
Timnas Palestina menjadi tim pertama dari Grup A Asian Games 2018 yang memastikan tiket lolos ke babak 16 besar.
Skuat besutan Sandouqa Ayman ini telah mengoleksi delapan poin setelah melakoni laga terakhir babak penyisihan melawan Hong Kong pada Jumat (17/8) sore. Laga yang digelar di Stadion Candrabhaga Bekasi ini berakhir dengan kedudukan 1-1.

(DW/RF/Bhm/R-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More