Pembukaan Asian Games Termegah di Asia

Penulis: Nurul Fadillah Pada: Jumat, 17 Agu 2018, 18:47 WIB Olahraga
Pembukaan Asian Games Termegah di Asia

ANTARA

INDONESIA dikenal sebagai negeri yang kaya raya. Kekayaan alam dan budaya yang beragam menjadi suatu ciri khas dari Negara yang dikenal sebagai negeri maritim ini.

Hal inilah yang coba digambarkan dalam Upacara Pembukaan Asian Games 2018 yang berlangsung pada Sabtu (18/8) malam. Sekitar 4.000 penari dan 2.000 pengiring musik dan penyanyi akan dilibatkan untuk menghibur sekitar 44 ribu penonton di dalam arena Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

Penanggung jawab Koreografer Pembukaan Asian Games 2018, Denny Malik mengungkapkan, perhelatan pembukaan ini akan menjadi yang termegah dalam sejarah Asian Games. Kekayaan budaya Indonesia yang dipadupadankan dengan teknologi modern yang kekinian, Denny bersama rekannya Eko Supriyanto akan menampilkan suguhan-suguhan tarian dan nyanyian dalam panggung yang mencerminkan kekayaan alam Indonesia.

"Kita ingin membuat budaya Indonesia menjadi lebih dikenal oleh dunia internasional sehingga bagaimana tarian dan nyanyian kita tradisional kita kemas secara menarik dengan musik kontemporer dan tekno," jelas Denny saat dihubungi Media di Jakarta, Jumat (17/8)

Menurut penuturan Denny, pembukaan Asian Games akan dibagi menjadi 6 segmen. Dengan mengusung tema alam dan kebudayaan, segmen pembukaan akan terbagi menjadi opening, air, angin, bumi, api, dan ditutup dengan tarian bertema utama Energy of Asia.

4.000 penari yang dilibatkan terdiri dari 2.200 pelajar Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Dasar, serta 1.800 penari umum yang diambil dari audisi.

"Di segmen opening kita akan menampilkan tari garis gabungan dari tari saman, tari Bali dan sebagainya yang dilakukan oleh 1.600 penari, kemudian masuk ke segmen air dimana ada Zamrud Khatulistiwa yang dibentangkan oleh Raisa, kemudian segmen angin dimana ada lagu Melati Suci yang dinyanyikan oleh Putri Ayu. Setelah itu bumi akan ada tarian dari 34 provinsi di Indonesia, dan ada segmen fire untuk pemasangan api obor, kemudian ditutup dengan tari bertema Energy of Asia," ungkap Denny.

"Parade atlet akan dilakukan setelah tari selamat datang, mereka kemudian akan diantar ke kursi khusus dan kami hibur dengan tarian-tarian. Kami bisa menjamin , ini akan menjadi panggung lebih besar daripada panggung Olimpiade dan dengan kesenian musik serta tari orisinil yang kita miliki ini akan menjadi Upacara Pembukaan termegah di Asia," lanjut Denny.

Di sisi lain, untuk mengawal Asian Games 2018, dipersiapkan 11ribu keamanan dari gabungan TNI dan Kepolisian Republik Indonesia. Direktur Media dan PR Danny Buldansyah mengatakan, saat pembukaan Asian Games, jalan di kawasan GBK akan ditutup.

"Semua jalur yang melintasi GBK akan ditutup, termasuk Jalan Asia Afrika sampai McD Senayan. Kalau untuk pintu masuk untuk masyarakat dibuka di Gerbang 5, 6, dan 7. Adapun kalau Gerbang di Depan Hotel Mulia akan menjadi akses khusus bagi Presiden Joko Widodo dan Para Kepala Negara yang diperkenankan menggunakan mobil," ujar Danny.

"Kalau untuk tamu VIP akan diarahkan ke Hotel Fairmont untuk parkir kendaraan di sana kemudian akan naik shuttle bus ke SUGBK. Adapun kalau masyarakat akan jalan, sementara parkir masyarakat disediakan di Gedung DPR/MPR, dan Museum Kehutanan Nasional Manggala Wanabakti," lanjutnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More