Rayakan 17-an, Menag Jogging ke Kampung Indonesia

Penulis: Ade Alawi Pada: Jumat, 17 Agu 2018, 15:47 WIB Humaniora
Rayakan 17-an, Menag Jogging ke Kampung Indonesia

Media Center Haji

BANYAK cara merayakan Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia. Banyak cara juga mengekspresikan kebahagiaan di dalamnya.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin memperingati kemerdekaan dengan jogging alias olahraga jalan kaki pagi hari ini.

Menag blusukan ke Kampung Indonesia, sebuah kawasan di Syisyah, Mekah, Arab Saudi, Jumat (17/8) yang banyak dihuni jemaah Indonesia.

"Hari ini adalah hari proklamasi kemerdekaan kita,  17 Agustus. Sedianya kita akan mengadakan upacara khusus,  tapi karena ini di negara orang,  maka atas masukan dari berbagai pihak maka sebaiknya kita tidak lakukan upacara 17 Agustus itu karena secara resmi itu sudah dilakukan di KJRI dan KBRI kita," kata Menag usai jogging.

Menag mengaku senang bisa bertemu jemaah menjelang puncak haji di Arafah pada 8-9 Dzulhijjah.

"Tadi saya tadi bertemu dengan jemaah haji kita dan mereka sangat antusias. Bahkan mereka ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya dan 17 Agustus dan itu dilakukan secara spontanitas," ungkapnya.

Menag merasa bersyukur jemaah yang ditemuinya dalam keadaan sehat walafiat.

"Alhamdulillah mereka sebagian besar dalam kondisi sehat. Mudah-mudahan ini tetap terjaga sehingga seluruh jemaah haji kita bisa wukuf di Arafah," katanya.

Menteri yang berhobi berolahraga ini memonitor jemaah hal yang sangat penting karena per Kamis (16/8) layanan katering jemaah ke 164 hotel  dihentikan.

Pasalnya, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi melakukan pengetatan kendaraan menjelang wukuf di Arafah.

"Banyak yang membuka warung makanan,  kantin,  kafetaria di sejumlah hotel. Jemaah haji kita tidak kesulitan mengakses makanan walaupun distribusi katering dihentikan," jelasnya.

Menjelang pergerakan jemaah ke Arafah pada Minggu (19/8),  beberapa ruas jalan menuju Masjidil Haram ditutup.

Begitu pula kawasan Arafah, Muzdalifah dan Mina ditingkatkan pengamanannya. Hanya kendaraan yang berstiker Muassasah (mitra Pemerintah Saudi untuk penyelenggaraam ibadah haji) yang diperkenankan masuk. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More