Mbah Uwi, Panggilan Jan Ethes ke Jokowi

Penulis: Dero Iqbal Mahendra Pada: Jumat, 17 Agu 2018, 14:16 WIB Politik dan Hukum
Mbah Uwi, Panggilan Jan Ethes ke Jokowi

SETPRES

ADA pemandangan yang menarik sebelum dilangsungkannya upacara bendera peringatan hari kemerdekaan Indonesia di Istana Negara. Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggandeng cucunya Jan Ethes untuk melihat para tamu undangan yang sudah menempati kursi di Istana Negara.

Jokowi terlihat mengenakan pakaian tradisional khas Aceh, sedangkan Ethes mengenakan pakaian khas Jawa senada dengan orang tuanya. Ethes terlihat senang dengan keramaian di Istana Negara dan tidak terlihat takut saat bertemu dengan para pewarta yang meliput.

"Itu terlihat senang," ujar Jokowi saat ditanya pewarta di Istana Negara Jakarta, Jumat (17/8).

Saat ditanyakan namanya pun, cucu pertama Presiden Jokowi itu mampu menjawab dengan jelas sambil tersenyum malu. Namun, saat ditanyakan rumahnya, Ethes tidak menjawab. Presiden Jokowi menjelaskan, kalau cucunya tersebut baru bisa menjawab satu per satu kata.

Ketika Ethes ditanya oleh Presiden Jokowi apa panggilan Ethes kepadanya, mantan Wali Kota Solo itu menyebut dirinya dipanggil Mbah Uwi. "Ini siapa ? (menunjuk diri sendiri). Mbah Uwi," terang Jokowi kepada pewarta setelah mendengar jawaban dari Ethes.

Saat undur diri pun, Ethes tidak lupa berpamitan dengan para pewarta yang sedari tadi mengagumi dirinya. Ethes pun tidak sungkan untuk melakukan kiss bye dan melambaikan tangan kepada para pewarta seraya berjalan pergi.

Saat para pewarta memuji ketampanan Ethes, Presiden Jokowi pun tersenyum simpul dan ikut memuji cucunya tersebut.
"Kayak saya ya," candanya.

Mengomentari pakaian khas Acehnya, Presiden Jokowi mengaku Indonesia memiliki banyak tradisi dan budaya. Dari ratusan pakaian adat yang ada, dirinya memilih pakaian adat Aceh. Ia mengaku, pakaian adat tersebut dijahit sendiri dan bukan dari hasil membeli.

Di hari kemerdekaan Indonesia kali ini, Presiden Jokowi berharap agar masyarakat Indonesia menatap optimistis masa depan. Masyarakat diimbau untuk tetap menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan. Sebab, Presiden Jokowi mengingatkan, stabilitas politik dan keamanan merupakan modal dasar dalam membangun Indonesia. (OL-7)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More