Pemerintah Alokasi Rp24,8 Triliun untuk Pesta Demokrasi

Penulis: Annisa ayu artanti Pada: Jumat, 17 Agu 2018, 05:55 WIB Ekonomi
Pemerintah Alokasi Rp24,8 Triliun untuk Pesta Demokrasi

Ist

PEMERINTAH mengalokasikan anggaran untuk pesta demokrasi 2019 sebesar Rp24,8 triliun. Angka tersebut sudah masuk dalam RAPBN 2019.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, alokasi dana untuk pemilu itu lebih besar dari perhelatan pemilihan kepala daerah 172 daerah beberapa waktu lalu.

"Untuk pemilu tahun depan kita akan mengalokasikan anggaran Rp24,8 triliun. Tahun ini untuk pilkada 172 daerah itu Rp16 triliun," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers RAPBN 2019 di JCC Senayan, Jakarta, Kamis, 16 Agustus 2018.

Mantan direktur Bank Dunia itu menjelaskan anggaran untuk pemilu tahun depan sebesar Rp24,8 persen sudah termasuk anggaran untuk kegiatan yang telah dilakukan tahun ini. "Ini termasuk persiapan yang sekarang dilakukan," sebut dia.

Pada pemaparan RAPBN 2019 di Komplek Parlementer, Presiden Joko Widodo juga sempat menyinggung mengenai anggaran pemilu tahun depan.

Jokowi menyebutkan, di 2019 pemerintah juga memberikan dukungan alokasi anggaran yang mencukupi untuk terselenggaranya pesta demokrasi pemilihan anggota legislatif dan Presiden serta Wakil Presiden yang dilakukan secara serentak untuk pertama kalinya pada 2019.

"Alokasi anggaran yang signifikan juga ditujukan untuk bidang pertahanan dan keamanan, guna menjaga kelancaran pesta demokrasi, keamanan pelaksanaan program pembangunan, serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Jokowi.(medcom/OL-8)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

MENTERI Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan berdasarkan pembicaraan dengan Google, raksasa internet itu akan berhenti menerima iklan politik jelang Pilpres 2019. Ini merupakan kebijakan pihak Google untuk tidak terlibat dalam ranah politik. Bagaimana menurut Anda kebijakan Google ini?





Berita Populer

Read More