PT TIPS Gandeng Citilink dan AP II Optimalkan Bagasi Penumpang

Penulis: Cahya Mulyana Pada: Rabu, 15 Agu 2018, 17:05 WIB Ekonomi
PT TIPS Gandeng Citilink dan AP II Optimalkan Bagasi Penumpang

Ist

PT TIPS Inovasi Indonesia menjalin kerja sama dengan PT Citilink Indonesia, PT Angkasa Pura II, PT Angkasa Pura Logistik, dan PT Angkasa Pura Kargo. Aksi korporasi e-commerce ini terkait pengembangan bisnis, aplikasi TIPS, pengiriman barang lewat angkutan udara melalui sharing bagasi.

"Kerja sama ini terkait pengembangan bisnis platform TIPS yang kami buat dan butuh kerja sama dan koordinasi dengan pihak berwenang termasuk bandara dan maskapai untuk bisa membawa barang lewat angkutan udara dengan aman," terang CEO PT TIPS Inovasi Indonesia, Vincent Kusuma, pada acara penandatanganan kerja sama dengan PT Citilink Indonesia, PT Angkasa Pura II, PT Angkasa Pura Logistik dan PT Angkasa Pura Kargo di Jakarta, Rabu (15/8).

Menurut dia, aplikasi TIPS bermula dari pengalaman bepergian menggunakan pesawat udara. Angkutan ini memiliki fasilitas membawa barang di bagasi tetapi banyak yang tidak memanfaatkannya.

Peluang itu, kata Vincent, dapat menjadi lahan bisnis yang menjanjikan melalui berbagi bagasi dengan penumpang untuk mengirim barang. Penumpang yang tidak membawa barang ke bagasi dapat membagi kepada TIPS untuk menitipkan barang dengan kompensasi uang yang dapat digunakan untuk membeli tiket.

"Saya jarang bawa barang ke bagasi. Kemudian saya sadar punya hak bagasi dan di era sharing ini bagaimana kita bisa memanfaatkannya. Contoh di Ambon butuh obat dan harus diambil dari Jakarta dengan cepat. Nah, kenapa itu tidak dibawa dengan sharing bagasi penumpang yang tidak membawa barang," paparnya.

Ia menjelaskan, melalui aplikasi TIPS, penumpang Citilink yang setuju hak bagasinya digunakan untuk pengiriman barang akan diberikan uang yang dapat digunakan untuk membeli tiket. Adapun setiap kilogram barang dihargai Rp10 ribu.

"Kita lakukan kerja sama dengan Citilink dan nantinya penumpang yang tidak membawa bagasi dan setuju, jatah bagasinya akan digunakan untuk pengiriman barang. Tentu penumpang akan mendapatkan insentif dan bisa digunakan untuk pembelian tiket Citilink," ujarnya.

Sementara itu, Vice Presiden Cargo and Ancillary PT Citilink Indonesia, Benny Rustanto, mengatakan, aplikasi TIPS merupakan peluang yang memberikan dampak positif untuk meningkatkan jumlah penumpang. Citilink merupakan jasa angkutan udara bertarif murah yang wajib mengembangkan inovasi dan kreativitas untuk meningkatkan revenue.

"Maka dengan TIPS ini cocok dengan inovasi dan kreativitas. Pengaruh terhadap penumpang? Tentunya dengan pengalaman lewat TIPS ini kecintaan penumpang meningkat terhadap Citilink berkat insentif dari sharing bagasi," pungkasnya. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More