Pembangunan Tol Cigatas Berpotensi Bergeser

Penulis: (BY/N-3) Pada: Kamis, 16 Agu 2018, 01:00 WIB Nusantara
Pembangunan Tol Cigatas Berpotensi Bergeser

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

RENCANA pembangunan jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikma-laya (Cigatas) berpotensi mengalami perubahan jalur. Hal itu disebabkan kondisi kawasan yang dilalui tidak memungkinkan. Terlalu banyak kendaraan yang melintas.

Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan mengatakan berdasarkan hasil tinjauan studi kelayakan yang dilakukan pada 2016, daya dukung lahan dan lingkungan jalan tol di Cigatas tidak sehat, sehingga harus dipindahkan. Jika tidak, kemacetan akan terjadi seperti di Cileunyi dan Rancaekek, Kabupaten Bandung. “Kalau tetap dilakukan, di Cileunyi terjadi traffic jam,” kata Iriawan, di Bandung, Rabu (15/8).

Iriawan menyebut, jika semula panjang jalan tol sampai Tasikmalaya, kini diperpanjang hingga Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dengan begitu, menurut dia untuk menuju jalan tol ini akan dibuka interchange di KM 146 Jalan Tol Purbaleunyi menuju Majalaya, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Cilacap. Selain itu, Iriawan berharap jalan tol ini terhubung dengan jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan yang sedang dibangun.

Iriawan meyakini kehadiran tol akan meningkatkan perekonomian masyarakat. “Di Majalaya ada 40 lebih industri. Begitu juga di kawasan tengah Jawa Barat,” katanya seraya menyebut peletakan batu pertama pembangunan jalan tol ini akan dilakukan tahun ini.

Lebih lanjut Iriawan mengatakan pihaknya mengupayakan pembangunan jalan tol yang menghubungkan Pa-dalarang-Cianjur-Sukabumi. Apalagi pemerintah pusat menyambut baik pembangunan Tol Cigatas itu.

“Kemarin sudah direspons pusat. Wapres waktu ke Ban-dung juga menyambut baik. Kami optimistis akan teralisasi dalam satu hingga dua tahun,” ujarnya.

Dalam kesempatan sama, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa menambahkan Pemprov Jawa Barat telah menyosialisasikan proyek-proyek tersebut ke pemerintah pusat. Dia menyebut proyek ini lebih banyak dibiayai swasta mengingat keter-batasan keuangan negara. “Saat ini sedang dilakukan pemrakarsa dan lelang inves-tasi. Target 2022 atau 2023 jalan tol ini bisa beroperasi,” harap Iwa.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan peletakan batu pertama pada tahun ini. Pembangunan Tol Cigatas sudah terpetakan dalam Perpres Nomor 45/2018 tentang Tata Ruang Kawasan Perkotaan Ce-kungan Bandung.  (BY/N-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More