Ratusan Pengusaha Indonesia Ramaikan ICF 2018 di Azerbaijan

Penulis: Tesa Oktiana Surbakti Pada: Senin, 13 Agu 2018, 11:31 WIB Internasional
Ratusan Pengusaha Indonesia Ramaikan ICF 2018 di Azerbaijan

Ilustrasi--MI/PANCA SYURKANI

KEDUTAAN Besar Republik Indonesia untuk Azerbaijan akan menyelenggarakan Indonesian Cultural Festival (ICF) 2018 di Kota Baku, Azerbaijan pada September 2018. ICF tahun ini mengusung tema acara Keeping the Archipelago Greatest Culture Alive.

Penyelenggaraan ICF 2018 diyakini lebih semarak lantaran berlokasi di dua titik berbeda yaitu di Heydar Aliyev Sarayi yang merupakan tempat prestisius di Kota Baku dan Fountain Square, pusat perbelanjaan luar ruang yang selalu ramai dikunjungi masyarakat Azerbaijan.

Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan Husnan Bey Fananie menjelaskan bahwa ICF 2018 merupakan ketiga kalinya digelar di Azerbaijan, terutama di wilayah kawasan Kaspia.

Sebelumnya, ICF pertama kali digelar pada 2016 dan mendapat sambutan luar biasa dari penduduk Azerbaijan. Kemudian ICF kedua pada pada 2017 juga dihadiri sekitar 3500 pengunjung dalam 2 hari pertunjukan.

Menurut Husnan, ICF 2018 akan semakin mempererat hubungan bilateral Indonesia dan Azerbaijan.

“Indonesia dekat sekali dengan Azerbaijan, ICF ini ajang silaturahmi besar antara masyarakat Indonesia dan Azerbaijan,” ucap Husnan dalam keterangan resmi, Senin (13/8).

Dia menambahkan sudah banyak pengusaha asal Indonesia yang mendaftar dalam perhelatan ICF.

"Ada ratusan pengusaha yang sudah mendaftar untuk terlibat dalam ICF. Insyaallah saya akan mengajak pengusaha Indonesia agar berbuka jaringan bisnis di Azerbaijan,” kata dia.

ICF 2018 merupakan kegiatan tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Baku bekerjasama dengan PT Dana Dyaksa Nusantara (DAYA) di Jakarta sejak tahun 2016. Kegiatan ICF mencangkup pertunjukan seni budaya, seperti seni musik, seni tari, dan seni bela diri Pencak Silat Indonesia.

Perwakilan dari PT Dana Dyaksa Nusantara Ade Munadi mengungkapkan antusiasme pengusaha dari Indonesia sangat besar sekali. Tercatat jumlah pendaftar ICF 2018 mencapai 115 pengusaha.

"Sekitar 115 pengusaha dari berbagai kota di Indonesia akan meramaikan ICF 2018. Ada pengusaha batik kue, pengusaha kerajinan tangan dan masih banyak lagi," tutur Ade.

Selain itu, turut disediakan stan-stan yang memamerkan keunggulan produk lokal UMKM Indonesia, berikut pariwisata Indonesia. Dalam rangkaian acara yang sama, akan diadakan beberapa kegiatan business meeting, pameran informasi pariwisata Indonesia, kunjungan dan kerjasama lembaga pendidikan, seminar, penampilan kesenian tari dan musik tradisional Indonesia, dan lain-lain.

Nantinya, acara ini juga dihadiri oleh beberapa Kementerian Indonesia dan Kementerian Azerbaijan guna memberikan apresiasi luar biasa terhadap terlaksananya ICF ke-3 pada September 2018. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More