Ananda Omesh ikut Lelang Mural untuk Bantu Lombok

Penulis: Fathurrozak Pada: Senin, 13 Agu 2018, 11:25 WIB Weekend
Ananda Omesh ikut Lelang Mural untuk Bantu Lombok

Instagram @omeshomesh

HOST sekaligus aktor Ananda Omesh ambil bagian dalam lelang mural yang dibuat oleh seniman mural The Popo. Lelang yang digelar melalui akun @_thepopop pada Jumat (10/8/2018) itu guna menyumbang bagi korban gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dalam dua kali sesi lelang, seniman mural yang tidak berkenan nama aslinya diungkapkan ini menulis, "Ini proyek pertama gue untuk melelang mural yang akan gue bikin sendiri di rumah kalian. Caranya gini, gue akan membuka harga lelang mural pertama senilai Rp.500 ribu."

Setelah dimenangi Omesh dengan Rp.9,5 juta, lelang pun ditutup. Namun, karena Rakhmat Wijayanto juga menawar dengan nominal sama, The Popo mengungkapkan akan membuat mural untuk keduanya. Omesh pun menggenapkannya menjadi Rp.10 juta.


"Gue pernah melakukan residensi di Desa Pemenang, Lombok Utara, bareng sama teman-teman komunitas Pasir Putih. Karena kedekatan emosional, gue merasa perlu membantu. Kalau gue ke sana, bisa jadi malah ngerepotin. Desa Pemenang, merupakan salah satu pusat gempa, dan banyak rumah juga bangunan yang hancur, termasuk rumah yang pernah gue tinggali saat residensi," ungkap The Popo saat dihubungi lewat saluran telepon, Minggu, (12/8).


Sebelum membuka lelang ini, ia pun sempat memberi bantuan bersama sang istri, namun ia merasa masih terlalu sedikit.


The Popo merupakan seniman mural yang terkenal lewat karakter Popo, dengan kepala pelontos dan mata melotot. Bukan hanya menggambar di tembok jalan, ia juga beberapa kali turut dalam pameran, seperti Multiporal 2018. Sementara Komunitas Pasir Putih yang ada di Desa Pemenang, Lombok Utara, merupakan komunitas yang anggotanya warga lokal dan sering membahas isu-isu sosial setempat.


Langkah lelang mural itu diapresiasi oleh sesama teman seniman. Salah satu yang kemudian mengikuti jejak The Popo ialah Farid Stevy, seniman yang juga vokalis band rock asal Yogyakarta, FSTVLST. Dalam lelangnya, Farid berhasil mengumpulkan dana sekitar Rp.28 juta dari satu orang.

Selain Farid, vokalis Barasuara, Iga Massardi juga mengaku terinspirasi gerakan yang diinspirasi Popo. Iga juga membuka lelang efek gitar, yang juga dibuka dengan harga awal Rp.500 ribu.


The Popo tidak menampung uang hasil lelang, melainkan langsung disalurkan ke rekening bank milik komunitas Pasir Putih. (M-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More