Tsitsipas Tantang Nadal di Final Piala Rogers

Penulis: Antara Pada: Minggu, 12 Agu 2018, 19:35 WIB Olahraga
Tsitsipas Tantang Nadal di Final Piala Rogers

AFP

PETENIS muda Yunani Stefanos Tsitsipas menaklukkan raksasa tenis lain pada Sabtu (11/4) waktu setempat, ketika ia mengatasi perlawanan petenis Afrika Selatan Kevin Anderson dengan skor 6-7(4), 6-4, 7-6(7) pada pertandingan yang menegangkan untuk membuat dirinya akan bertemu unggulan Teratas Rafa Nadal di final Piala Rogers.

Tsitsipas melepaskan raketnya dan berteriak di depan para penonton setelah petenis peringkat enam dunia Anderson melakukan pukulan backhand yang terlalu panjang pada match point. Ini merupakan kemenangan beruntun keempat bagi petenis peringkat 27 dunia itu atas lawan yang menduduki posisi 10 besar di turnamen.

Tsitsipas mengalahkan Dominic Thiem, Novak Djokovic, dan Alexander Zverev pada tiga putaran sebelumnya, sebelum kemudian menaklukkan runner up Wimbledon itu pada hari yang cerah di Toronto.

"Ini tidak pernah bertambah mudah. (Penampilan) Anda hanya menjadi lebih baik," tulis Tsitsipas kepada kamera setelah pertandingan.

Tsitsipas akan memainkan final ATP Masters 1000 pertamanya pada ulang tahun ke-20-nya pada Minggu (12/8), melawan petenis peringkat satu dunia Nadal, setelah petenis Spanyol itu menaklukkan Karen Khachanov dengan skor 7-6(3), 6-4 pada pertandingan malam yang sempat tertunda karena hujan.

Unggulan keempat Anderson tidak mampu mematahkan empat serve Tsitsipas pada keempat peluangnya dan satu-satunya kesempatan match point-nya buyar ketika Tsitsipas melepaskan pukulan backhand menyilang lapangan pada tie break set ketiga.

Tsitsipas, yang berposisi di belakang baseline ketika menerima serve-serve Anderson, mampu memaksimalkan satu-satunya servis break di pertandingan ini pada gim ketiga set kedua dengan pukulan smash.

Dengan kemenangan ini, Tsitsipas diproyeksikan akan naik setidaknya ke peringkat 15 ketika peringkat baru dirilis pada Senin.

"Saya bahkan sama sekali tidak membayangkannya," kata Tsitsipas mengenai keberhasilannya mencapai final.

"Saya pikir memenangi beberapa putaran akan menakjubkan, tetapi saya telah berada di final. Saya tidak dapat mempercayai apa yang telah terjadi."

"Saya tidak menargetkan setinggi itu dan menurut saya dengan ekspektasi-ekspektasi yang rendah, saya mampu mengeluarkan permainan tenis terbaik saya."

Meski belakangan ini meraih begitu banyak kesuksesan, Tsitsipas akan menjadi pihak yang tidak diunggulkan ketika ia berhadapan dengan juara Prancis Terbuka Nadal, yang akan mengincar gelar Masters 1000 ke-33-nya.

Nadal mengatasi enam ace dari petenis Rusia Khachanov untuk mengamankan tiket ke final kelimanya tahun ini.

"Saya senang dengan cara bermain saya dan secara keseluruhan menurut saya, saya berkembang," kata Nadal, 32.

"Besok adalah ujian besar melawan petenis yang bermain bagus, (petenis) yang masih muda."

"Saya tidak sabar untuk memainkan pertandingan itu. Saya senang tentang hal itu dan itu merupakan kesempatan bagi saya untuk memainkan pertandingan bagus melawan salah satu petenis terbaik."

Nadal mendominasi pada satu-satunya penampilan sebelumnya melawan Tsitsipas, kemenangan straight set pada final Barcelona Terbuka, yang dimainkan di lapangan tanah liat, arena favorit petenis Spanyol itu. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More