Perempuan Indonesia Tunjukkan Kehebatan

Penulis: Denny Parsaulian Pada: Sabtu, 11 Agu 2018, 14:05 WIB Humaniora
Perempuan Indonesia Tunjukkan Kehebatan

ANTARA/Adwit B Pramono

SEBANYAK 928 perempuan penyelam melibatkan diri dalam pencetakan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri).

Mereka mengukir 2 rekor yaitu 'Penyelaman Massal oleh Penyelam Wanita' dan 'Pembentangan Bendera Merah Putih Terpanjang di Indonesia'. Bendera sepanjang 500 meter akan dibentangkan para perempuan penyelam ini.

Acara yang digelar Wanita Selam Indonesia (Wasi) bekerja sama Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSI) ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-73 RI pada 2018.

Acara yang digelar di kawasan Mega Mas, Teluk Manado, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (11/8), ini juga untuk menggalakkan olahraga menyelam di kalangan wanita dan masyarakat umum.

"Acara ini menunjukkan bahwa perempuan-perempuan Indonesia sudah mulai menampakkan kehebatan mereka lewat selam. Yang saya lihat ini adalah yang pertama kali," kata Menteri PPPA Yohana Yembise sambil menambahkan bahwa acara ini adalah inisiatif ibu Kapolri.

"Sejumlah 928 perempuan, kalau saya tidak salah, bisa hadir di sini. Saya bangga perempuan-perempuan dari seluruh Indonesia hadir di sini. Semua perempuan harus begini. Semoga ada lagi kegiatan-kegiatan lain. Semua perempuan harus menunjukkan kemampuan mereka dalam segala aspek," kata Menteri Yohana lebih lanjut.

Dengan banyaknya perempuan ikut acara ini berarti perempuan Indonesia sudah maju dan berkembang di segala bidang. 

"Saya mesti akui perempuan Indonesia sudah lebih maju dibandingkan perempuan di negara lain. Ini bisa dilihat dari indeks pembangunan jender nya," jelas Yohana dengan Sulut sebagai pemilik indeks pembangunan gender terbaik. 

"Itu juga menunjukkan bahwa indeks pembangunan manusia berkembang.

Menteri Yohana mengapresiasi apa yang Ibu Tito lakukan dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey atas berlangsungnya acara ini. 

"Ibu Tito selama ini membuat banyak terobosan dengan memberi banyak kesempatan kepada perempuan untuk banyak tampil dalam kegiatan-kegiatan salah satunya yang terjadi hari ini."

"Dan kepada Gubernur Sulut yang telah menyediakan tempatnya untuk digunakan untuk acara ini," tambah Yohana.

Di akhir penyelaman, Ketua Muri Jaya Suprana menyerahkan langsung piagam Pemecahan Rekor Perempun Penyelam Terbanyak dan Pembentangan Bendera Terpanjang di Bawah Laut.

Promosi wisata
Acara ini juga memiliki beberapa target, yaitu untuk mempromosika destinasi wisata bawah laut Indonesia, melestarikan keindahan alam bawah laut Indonesia. Selain itu acara ini juga diharapkan membangun interaksi yang harmonis di antara kaum perempuan Indonesia, serta mendukung pemerintah Indonesia dalam menciptakan bangsa yang Bhinneka Tunggal Ika.

Para penyelam ini terdiri dari 480 penyelam dari Bhayangkari, 149 Polwan Polda Sulut, 20 personel Kodam Merdeka XIII, 20 personel Kodam Pattimura, 4 personel Lantamal VI Makasar, 5 personel Persit, dan 250 peserta umum dari Komunitas Diving.

Para peserta ini merupakan para penyelam perempuan dengan sertifikasi untuk perairan terbuka. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

DRAMA penganiayaan Ratna Sarumpaet akhirnya terbongkar. Kisah hayalan Ratna itu menjadi ramai dipublik setelah beredar foto muka lebam dan membuat Capres Prabowo Subianto menggelar konpers khusus untuk mengutuk kejadian itu pada pada Selasa (2/10) malam. Acara ini bahkan disiarkan secara langsung TV One dengan menyela acara Indonesia Lawyers Club yang membahas soal gempa di Sulteng. Kejahatan memang tidak ada yang sempurna. Beberapa netizen mengungkap beberapa kejanggalan dan dugaan ini diperkuat hasil penyelidikan polisi. Akhirnya, Ratna pun mengakui kebohongannya. Dia mengaku mendapat bisikan setan untuk berbohong. Walau sudah ada pengakuan Ratna, Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menegaskan tetap akan melakukan proses hukum karena kasus ini sudah bergulir dan menimbulkan keresahan. Apakah Anda setuju dengan sikap Polri ini?





Berita Populer

Read More