Ragam Motivasi Volunteer di Asian Games 2018

Penulis: Antonio  Pada: Sabtu, 11 Agu 2018, 12:30 WIB Olahraga
Ragam Motivasi Volunteer di Asian Games 2018

ANTARA/RISKY ANDRIANTO

ADA sejumlah alasan yang membuat beberapa mahasiswa menjadi volunteer di Asian Games 2018. Mulai dari mengisi waktu luang liburan kuliah hingga ingin menjadi bagian dari sejarah Indonesia.

Annisa Nurusyifa, 22, salah satu volunteer yang bertugas di Stadion Patriot Candrabaga, Kota Bekasi, Jawa Barat misalnya. Dia merupakan mahasiswi semester enam di salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta.

Ia menceritakan, dirinya tahu kesempatan menjadi volunteer dengan mencari informasi di website resmi Asian Games 2018. Jadwal pelaksanaannya ternyata bersamaan dengan waktu libur kuliahnya.

Lalu, ia memutuskan untuk mendaftar sebagai volunteer. Saat diterima, ia mengikuti sejumlah pelatihan dan ternyata lolos.

Pemudi warga Sunter, Jakarta ini juga ingin menjadi volunteer untuk mendapatkan uang tambahan. Dalam satu hari, ia mendapat uang sebesar Rp300 ribu.

Tugasnya memastikan boot sponsor telah terpasang sesuai. Ia bertugas bersama dengan kelompoknya yang berjumlah delapan orang. Namun, uang bukan merupakan tujuan utamanya. 

"Saya mau jadi bagian dari sejarah Indonesia," kata Annisa di Bekasi, Jumat (10/8).

Hal serupa juga yang membuat volunteer lain, Rahmat, 19 termotivasi. Mahasiswa di kampus negeri ternama di Jakarta ini ingin mencari pengalaman dalam waktu liburannya.

Berbeda dengan Annisa, mahasiswa semester lima itu tahu pendaftaran kesempatan menjadi volunteer dari temannya. Ada beberapa langkah yang harus dilewati untuk menjadi volunteer seperti pelatihan dan juga tes psikologi.

Dia diterima menjadi volunteer dan bertugas di Stadion Patriot Candrabaga, Kota Bekasi. 

"Saya ingin mencari dan menambah pengalaman," ujarnya.

Berdasarkan pantauan, para volunteer yang ada di Sekitar Patriot menggunakan seragam yang sama. Mereka mengenakan baju berwarna merah dan celana panjang berwarna cokelat. Mereka juga menggunakan tas yang sama. (Medcom/OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Tingkat kelulusan calon pegawai negeri sipil dalam tes seleksi kompetensi dasar kurang dari 10% atau sekitar 128.236 yang memenuhi ambang batas. Padahal, jumlah peserta yang diperlukan lolos ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) adalah tiga kali dari jumlah formasi yang dibuka. Karena itu, pemerintah berencana mengurangi nilai ambang batas dan menurunkan 10 poin nilai untuk tes intelegensia umum. Setujukah Anda dengan rencana pemerintah itu?





Berita Populer

Read More