Gajah Jantan Mati Tersengat Arus Listrik di Aceh Timur

Penulis: Amiruddin Abdullah Reubee Pada: Jumat, 10 Agu 2018, 20:20 WIB Nusantara
Gajah Jantan Mati Tersengat Arus Listrik di Aceh Timur

ANTARA FOTO/Jabir

SEEKOR gajah jantan ditemukan mati di kawasan perkebunan warga Desa Cek Mbon, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Di dekat bangkai gajah itu ditemukan kawat yang diduga bagian dari kawat teraliri listrik yang melilingi areal kebun setempat.

Informasi yang diperoleh Media Indonesia, Jumat (10/8) menyebutkan, jasad gajah yang memiliki dua gading berukuran sekitar 30 cm itu ditemukan pada Kamis (9/8) oleh Herman, 35, warga Desa Seumanah Jaya, Kecamatan Rantau Peureulak.

Kondisi jasad hewan raksasa itu pada bagian belalai ada bekas mirip terbakar. Kedua gadingnya masih utuh, yaitu tidak ada bekas gergaji maupun bekas pemotongan dengan benda tajam.

Herman yang sehari-harinya pergi ke kebun dengan menyeberangi sungai menggunakan sampan, memberitahukan keberadaan bangkai gajah kepada Kepala Jasman, Desa Seumanah Jaya. Lalu, dilaporkan ke Sat Intelkam Polres Aceh Timur dan diteruskan ke Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Aceh.

Untuk mencegah tangan jahil pihak keamanan pada Kamis malam hingga Jumat (10/8) siang, Jasman dan personel Polres menjaga menjaga bangkai gajah di lokasi setempat. Mereka baru meninggalkan lokasi saat petugas lapangan BKSDA dari CRU Serbajadi, Aceh Timur tiba di lokasi.

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo, Jumat (10/8), mengatakan pihaknya telah menugasi personel ke lokasi guna mengautopsi jasad satwa yang dilindungi itu. "Tim BKSDA Aceh telah meluncur ke lokasi di Aceh Timur" kata Sapto.

Dari pengamatan sementara, kematian gajah tersebut ditenggarai karena terkena sengatan tegangan arus listrik melalui kawat yang terpasang pada kebun warga.

"Arus listrik pada kawat mengelilingi kebun itu dialiri dengan litrik dari permukiman warga yang berjarak sekitar 1,5 km" tutur Jasman, Kepala Desa Seumanah Jaya.

Berdasarkan catatan Media Indonesia, kematian gajah terkena arus listrik atau tewas karena ulah pemburu untuk pencurian gading sudah sering terjadi di pedalaman Aceh. Paling parah terjadi di Aceh Timur.

Sayangnya, jarang sekali tertangkap pelakunya. Disinyalir warga takut mencegah mereka karena memiliki jaringan kuat. (A-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

TEKA-teki kontestan Pilpres 2019 terkuak sudah. Joko Widodo akhirnya memilih Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin sebagai cawapres sedangkan Prabowo Subianto berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka saat ini tengah melengkapi persyaratan dan akan mendatangi KPU pada Jumat (10/8) di batas akhir pendaftaran Capres/Cawapres 2019. Dari dua pasangan itu, siapa pilihan Anda?





Berita Populer

Read More